Amalan Prioritas di Ujung Usia

Selasa 08-10-2024,07:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

MAGELANG EKSPRES- Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam mengabarkan bahwa kebanyakan usia umatnya hanta berkisar antara 60-70 tahun dan hanya sedikit yang bisa melampui usia tersebut.

Rasulullah Shalalahu alaihi wa sallam pun wafat pada usia 63 tahun.

Rasulullah Shalalahu alaihi wa sallam bersabda,

أَعْمَارُ أُمَّتِـي مَا بَيْنَ السِّتِّيْنَ إِلَى السَّبْعِيْنَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

“Umur-umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit orang yg bisa melampui umur tersebut” (HR. Ibnu Majah)

BACA JUGA:Bekal Masuk Surga, Inilah Amalan yang Perlu Disiapkan pada Usia Senja!

Dalam hadits ini diterangkan, bahwa mayoritas usia umat manusia sejak diutus Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam sebagai seorang rasul, adalah berkisar 60 hingga 70 tahun. Walaupun ada beberapa orang yang usianya dipanjangkan oleh Allah lebih dari ketentuan itu. Namun jumlahnya sedikit.

Hadis tersebut juga mengingatkan pada kita-sebagai umat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam untuk menyiapkan diri ketika sudah memasuki usia senja.

Seseorang yang sudah memasuki usia 40 atau 50 tahun ke atas hendaknya sudah mulai memikirkan bekal yang akan dibawa ke kampung akhirat. Tidak larut dengan urusan dunia yang kelak akan ditinggalkan.

Amalan di Ujung Usia

Semua manusia sedang menunggu ajal. Cepat atau lambat kematian itu pasti akan menjemput kita. Dan saat kematian tiba, kita tak bisa menghindar bahkan bersembunyi di benteng yang paling kuat sekali pun.

Ketika sudah menyadari bahwa kita akan mati. Maka tentu kita akan ingat bekal apa yang harus disiapkan. Apalagi bagi yang sudah memasuki usia senja. Ingat dengan sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bahwa usia umatnya antara 60-70 tahun dan hanya sedikit yang melebihi usia tersebut.

BACA JUGA:Lebih Utama Setelah Amalan Wajib, Inilah Keutamaan Menuntut Ilmu di Masjid

Beberapa amalan prioritas yang perlu disiapkan di ujung usia :

1. Amalan ringan yang terjangkau tapi dikerjakan secara rutin

Allah Ta'ala sangat mencintai amal saleh yang sedikit tapi dikerjakan secara rutin atau kontinyu.

Kategori :