Sirkuit Panahan 1 Jawa Tengah Digelar di Kota Magelang

Sirkuit Panahan 1 Jawa Tengah Digelar di Kota Magelang

SIRKUIT PANAHAN. Setelah vakum selama dua tahun, Perpani Kota Magelang berencana menggelar Sirkuit Panahan 1 Provinsi Jawa Tengah 2022 di Stadion Abu Bakrin 12-16 Juni 2022.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)-Sirkuit Panahan 1 Jawa Tengah -Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, Cabang olahraga panahan yang tergabung dalam Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Magelang akan menggelar kompetisi “Sirkuit Panahan 1 Provinsi Jawa Tengah 2022” di Stadion Abu Bakrin, Kota Magelang, 12-16 Juni 2022. Kompetisi itu akan diikuti 481 atlet se-Jawa Tengah.

Ketua Perpani Kota Magelang, Bahrudin mengatakan, sirkuit ini merupakan event perdana cabor panahan di wilayah setempat setelah terhenti dua tahun lebih akibat pandemi Covid-19. Pihaknya pun bersemangat mengadakan kejuaraan ini. Apalagi Kota Magelang kembali berada di level terendah PPKM.

”Selama pandemi hampir tidak ada event. Atlet hanya latihan. Kami prediksi animo ke sirkuit ini sangat besar. Sebanyak 34 kabupaten/kota di Jateng sudah konfirmasi mengirimkan atletnya, tinggal satu yang belum,” katanya di Kantor KONI Kota Magelang, Rabu (8/6).

Ke-481 atlet ini akan turun dalam 4 divisi pertandingan, antara Divisi Recurve Putra/Putri, Divisi Compound Putra/Putri, Divisi Nasional Putra/Putri, dan Divisi Barebow Putra/Putri.

”Total medali yang akan diperebutkan sebanyak 40, terbagi dalam divisi recurve 10 medali, compound 10 medali, nasional 12 medali, dan barebow 8 medali. Mereka sudah mempersiapkan diri untuk ikut dalam Sirkuit Panahan 1 ini,” jelasnya.

Menurut dia, ajang ini sekaligus menjadi pembinaan dan pelatihan altet cabor panahan di Kota Magelang. Perpani Kota Magelang menargetkan mampu mengirim sebanyak-banyaknya atlet menjelang Pra Porprov dan Porprov tahun 2023.

”Atlet panahan asal Kota Magelang ini sangat potensial. Di lihat dari sejarahnya, kami selalu berhasil memboyong emas baik di kompetisi provinsi maupun nasional. Kalau target di Porprov nanti, belum ada, tapi kami ingin mampu mengirim altet panahan sebanyak-banyaknya,” tandasnya.

Selain kompetisi olahraga, Bahrudin menegaskan, event ini juga dalam rangka mendukung upaya Pemkot Magelang menggelorakan sport tourism (wisata olahraga). Sebab, selama 5 hari tersebut diperkirakan ribuan orang akan hadir ke Kota Magelang.

”Selain atlet yang bertanding, tentu juga ada pendamping yang ikut serta. Kami perkirakan ada lebih dari 1.000 orang akan datang ke Kota Magelang. Nah, mereka ini nanti yang akan melengkapi kunjungan ke tempat-tempat wisata, kuliner, maupun hotel-hotel di Magelang,” tuturnya.

Sekretaris KONI Kota Magelang, Jarwadi mendukung upaya memajukan pariwisata dari sektor olahraga. Terlebih, Jarwadi yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang itu menilai dampak multiplier effect dari adanya sport tourism ini.

”Dengan event ini dampaknya sangat positif bagi sektor pariwisata, seperti hotel penuh, oleh-oleh laris, transportasi jalan, dan lainnya. Apalagi, panitia juga menghadirkan pameran UMKM di lokasi acara, maka UMKM kita bisa terangkat. Saya harap peserta nantinya bisa pulang dengan bahagia,” jelasnya.

Apresiasi serupa disampaikan Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. Untuk diketahui, kepolisian memberikan bantuan event ini dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara.

”Ada banyak kegiatan memeriahkan HUT Bhayangkara, salah satunya kolaborasi dengan Perpani dalam event Sirkuit Panahan 1 ini. Kami ingin euforia HUT Bhayangkara ini juga dirasakan oleh masyarakat, maka kompetisi olahraga ini sangat kami dukung,” paparnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com