Bupati Wonosobo Tantang HIPMI Ciptakan 100 Wirausaha Baru

Bupati Wonosobo Tantang HIPMI Ciptakan 100 Wirausaha Baru

HIPMI. Pelantikan pengurus BPC Hipmi Wonosobo periode tahun 2022-2025 di Sasana Adipura Kencana.-Bupati Wonosobo-Magelangekspres.com

WONOSOBO- Data menunjukkan pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Wonosobo menurun hingga mencapai -1,66%. Tidak hanya itu, angka kemiskinan juga naik hingga mencapai 17,36%.

"Pertumbuhan ekonomi turun, kemiskinan naik. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian daerah harus segera dibangkitkan, " ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melantik pengurus BPC Hipmi Wonosobo periode tahun 2022-2025 di Sasana Adipura Kencana.

Menurutnya, menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat bukan sesuatu yang mudah, termasuk dalam mengentaskan kemiskinan yang didalamnya berhubungan erat dengan berbagai faktor.

"Diperlukan kerjasama dan sinergitas lintas sektor untuk mengentaskan masalah ini, " katanya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Wonosobo berupaya mewujudkan program-program prioritas yang tercantum dalam RPJMD 2021-2026, seperti Wonosobo Pinter dan Wonosobo Makmur, untuk mengurai permasalahan yang ada.

"Melalui Program Wonosobo Pinter, pemerintah berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan, melalui pembentukan 100 wirausaha baru terutama rumah tangga miskin, serta meningkatkan keterampilan usaha bagi UMKM olahan makanan," katanya.

Demikian pula melalui Program Wonosobo Makmur, pemerintah berupaya memberikan fasilitasi bagi UMKM untuk mendapatkan kredit bunga rendah dari perbankan.

Bupati berharap kepengurusan baru mampu membangkitkan iklim kewirausahaan dan mampu memberikan sumbangsih atas pertumbuhan ekonomi di Wonosobo.

‘’Saya harap mampu membangkitkan iklim kewirausahaan di kabupaten kita tercinta, sehingga mampu memberikan sumbangsih atas pertumbuhan ekonomi Wonosobo, " ucapnya.

Sementara itu,  penyelenggara acara, Alfha Gemilang menjelaskan pelantikan ini diikuti oleh 55 pengusaha muda asal Wonosobo. Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua BPD Hipmi Jateng Wulan Rudi Prasetyo. Setelah prosesi pelantikan acara dilanjutkan kegiatan diklat menghadirkan salah satu narasumber Komunikasi Marketing Helmy Yahya, yang dinilai sebagai Presenter dan Content Creator Terbaik di Indonesia. ( gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com