Patut Ditiru! PMI Kota Magelang Kenalkan Donor Darah Lewat Lomba Menggambar

Patut Ditiru! PMI Kota Magelang Kenalkan Donor Darah Lewat Lomba Menggambar

KESERIUSAN SISWA. Sebanyak 139 siswa tingkat SD dan SMP ikuti lomba menggabar yang diadakan PMI Kota Magelang bertempat di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Senin(20/6).(foto : Heni/magelang ekspres)-PMI-Magelangekspres.com

MAGELANG TENGAH - Memperingati hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Days) yang jatuh pada tanggal 14 Juni, Palang Merah Indonesia ( PMI) Kota Magelang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Magelang menyelenggarakan lomba menggambar bagi peserta didik SD, MI, SMP, MTs se Kota Magelang.

Dengan menggambil tema Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, bergabunglah dan selamatkan Nyawa, kegiatan lomba ini diharapkan mampu mengedukasi pentingnya donor darah kepada anak-anak.

Lomba diikuti sebanyak 139 peserta siswa dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang.

Kunadi, Sekretaris PMI sekaligus ketua Panitia lomba menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mendukung kegiatan ini sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta lomba dan diharapkan dapat sebagai media edukasi untuk menanamkan rasa peduli dan cinta kasih agar ke depan tumbuh rasa kepedulian terhadap sesama terutama dalam mendonorkan darahnya.

Lomba menggambar ini kali pertama diadakan usai Pandemi Covid-19 mereda
"Peringatan tahun ini merupakan momentum untuk meningkatkan rasa solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama sehingga dapat lebih banyak menggugah terutama di kalangan anak muda untuk menjadikan donor darah sebagai bagian pola hidupnya," tuturnya.

Dikatakan Kunadi, lomba menggambar merupakan salah satu rangkaian memeriahkan hari Kepalang Merahan Sedunia. "Rangkaian acara diadakan dari 1 Juni hingga 30 Juni. Sementara donor darah diadakan full satu bulan," ungkapnya.

Dengan mengambil tema lomba "Setetes darah untuk kemanusiaan" diharapkan kegiatan lomba menggambar dapat mensosialisasikan kepalang merahan sedini mungkin. "Selain, lomba menggambar juga diadakan donor darah bagi orangtua ataupun guru pendampung yang mau mendonorkan darah," kata Kunadi.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Sugiyarti menndukung adanya kegiatan lomba ini. Apalagi lomba diadakan pada momen liburan sekolah.

"Lomba ini bisa menjadi solusi anak-anak mengisi liburan. Selain itu, sehingga lomba ini dapat menjadikan obat kejenuhan lamanya pembelajaran online," imbuhnya.

Hasil lomba menggambar Tingkat SD:

Juara 1: SD Cacaban 1

Juara 2: SD potrobangsan 2

Juara 3: MI Muhammadiyah Terpadu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com