Ini Bentuk Kepedulian Pemkab Temanggung Yang Bikin Petani Tembakau Bahagia...

Ini Bentuk Kepedulian Pemkab Temanggung Yang Bikin Petani Tembakau Bahagia...

Bupati HM Al Khadziq secara simbolis menyerahkan bantuan pupuk kepada perwakilan petani di Balai Desa Batursari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jumat (24/6/2022). (foto: rizal ifan chanaris)-Bupati Temanggung-Pemkab Temanggung

TEMANGGUNG - Para petani tembakau dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten TEMANGGUNG tengah merasakan kebahagiaan, pasalnya mereka baru saja menerima bantuan pupuk yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan diterima secara simbolis oleh perwakilan petani.

Tak hanya itu saja,mereka juga mendapatkan sosialisasi dari Dinas Ketahan Pangan, Pertanian, dan Perikanan terkait bantuan pupuk KN03.
 
“Dalam kesempatan ini, kami menghadirkan 100 orang perwakilan kelompok tani dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten TEMANGGUNG, guna menerima secara simbolis bantuan pupuk,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten TEMANGGUNG, Joko Budi Nuryanto, di sela acara di Balai Desa Batursari, Kecamatan Kledung, Jumat (24/6/2022).

Bupati HM Al Khadziq mengapresiasi upaya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten TEMANGGUNG atas inisiatif, serta kerja kerasnya mendampingi para petani, termasuk pemberian bantuan pupuk.  

Pemerintah Kabupaten TEMANGGUNG sifatnya mendampingi, bersama-sama dengan petani mengatasi semua permasalahan yang ada baik di bidang budidaya, pengolahan, sampai pemasaran hasil.

"Pemberian bantuan bibit atau pupuk adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada para petani. Maka dengan berkumpul seperti ini kita bisa berdialog. Sesulit apapun persoalan dalam bidang pertanian termasuk tembakau mari kita hadapi bersama-sama, ikhtiar bersama-sama, tidak bisa saling menyalahkan," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa persoalan dalam hal pertanian cukup pelik termasuk pertembakauan. Mulai dari segi budidayanya, yang masih ada tambal sulam, dibidang olahan ada persoalan orang mencampur tembakau TEMANGGUNG dengan tembakau luar daerah sehingga menganggu kemurnian terkait kualitas. Di bidang perdagangan ditemukan hambatan terutama soal harga, naiknya cukai rokok.
 
"Pemerintah dan masyarakat harus selalu berusaha bersama-sama untuk keluar dari situasi sulit. Nah, untuk bantuan pupuk seperti ini sebagai bentuk bahwa pemerintah selalu ingin membantu, ingin bersama-sama petani agar masalah kita hadapi bersama-sama," pungkasnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: temanggung ekpsres