Pemkot Magelang Angkat Eks Paskibraka jadi Duta Pancasila, Ini Pesan Walikota

Pemkot Magelang Angkat Eks Paskibraka jadi Duta Pancasila, Ini Pesan Walikota

DUTA PANCASILA. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyematkan simbol Duta Pancasila kepada para Purna Paskibraka tahun 2021 di Ruang Adipura Kencana, kompleks Kantor Walikota Magelang, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)-Pemkot Magelang-Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang mengangkat 45 eks-Paskibraka menjadi Duta Pancasila.

Pengangkatan tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang mengamanatkan bahwa Purnapaskibraka diangkat menjadi Duta Pancasila.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz berpesan kepada Duta Pancasila Kota Magelang untuk mempunyai hati Pancasila. Tak hanya itu, Duta Pancasila harus paham betul apa makna tiap sila dalam Pancasila.

Ke-45 Duta Pancasila itu terdiri dari Purna Paskibraka Kota Magelang tahun 2021. Aziz juga mengajarkan makna dari sila-sila dalam Pancasila kepada mereka, dari sila pertama hingga sila ke lima.

"Indonesia ini kaya. Orang Magelang punya karakter yang terbuka. Kita harus memegang pepatah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," tuturnya.
Lebih lanjut, dirinya berpesan agar para Duta Pancasila setelah dilantik harus dapat tampil di masyarakat, sehingga dapat menampilkan citra Kota Magelang menjadi kota yang beradab dan toleran.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, Agus Satiyo Haryadi mengungkapkan bahwa Duta Pancasila secara Nasional telah dilaksanakan pengukuhannya bulan November tahun lalu. Di tingkat Jawa Tengah, Kota Magelang termasuk yang paling awal.

”Duta Pancasila diambil dari Purna Paskibraka 2021. Setelah selesai melaksanakan tugasnya menjadi Paskibraka lalu ditarik menjadi Duta Pancasila," ujar Agus.

Sebagai informasi, ada 3 aktivitas dalam perekrutan Paskibraka untuk masuk menjadi duta Pancasila, di antaranya sosialisasi dan penguatan organisasi untuk internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari maupun penyebarluasan di kalangan pergaulan.

"Ini upaya kita untuk meningkatkan pemahaman ideologi Pancasila sekaligus untuk penguatan wawasan kebangsaan di Kota Magelang pada seluruh elemen," tuturnya (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com