Freeport Jiipe

Freeport Jiipe

Jiipe--disway.id

Tentu hasil terbanyak proyek Freeport itu nanti adalah slak. Jumlahnya bisa 1,1 juta ton/tahun. Sebenarnya ini jenis limbah. Tapi limbah itu ada harganya. Pabrik semen sangat membutuhkan. Industri konstruksi memerlukannya: 1,1 juta ton tahun.

AKR adalah perusahaan lama. Milik orang Surabaya: Soegiarto Adikoesoemo. Di tahun 1970-an Soegiarto sudah mendirikan pabrik sorbitol: PT Sorini. Itu pabril sorbitol pertama di Indonesia. Bahan bakunya singkong. Sorbitol adalah bahan baku pasta gigi. Juga bahan baku obat-obatan. Agar mencapai level food grade.

Sorini lantas ekspansi ke Tiongkok. Ia mendirikan pabrik sorbitol yang lebih besar di Liuzhou, dekat Guilin.

Grup AKR terus ekspansi ke bidang kimia. Berdirilah Aneka Kimia Raya. Lalu masuk ke bahan bakar minyak. Pompa bensin terbanyak setelah Pertamina adakah milik AKR.

Pabriknya yang di Tiongkok lantas dijual. Total. Soegiarto fokus usaha di Indonesia. Ia mengembangkan industrial estate di Gresik itu. 

Kini manajemen AKR di tangan generasi kedua. Soegiarto punya anak yang hebat: Haryanto Adikoesoemo. Pimpinan puncak grup ini dipegang oleh Sang Anak. 

Keluarga ini adalah simbul tertinggi hubungan kerukunan dan kepercayaan antara generasi pertama dan kedua. Soegiarto adalah ayah terbaik. Haryanto adalah anak terbaik. Dan sukses besar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id