Go Digital, MA An-Nawawi Purworejo Luncurkan Sistem Informasi Madrasah

Go Digital, MA An-Nawawi Purworejo Luncurkan Sistem Informasi Madrasah

LUNCURKAN. Kepala MA An-Nawawi saat meluncurkan SIM dan disaksikan oleh Komite Madrasah. (Foto lukman hakim/purworejo ekspres)-MA An-Nawawi -Magelangekspres.com

PURWOREJO - Memungkasi Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) MA An-Nawawi melaunching aplikasi pintar berbasis website dan adroid sebagai pusat informasi yang mengintegrasikan kebutuhan siswa, guru, orang tua wali serta manajemen madrasah, Rabu (20/7).

Launching Sistem Informasi MA An-Nawawi (SIM) dihadiri oleh Komite Madrasah dan disaksikan oleh seluruh dewan guru, karyawan dan siswa.

Kepala MA An-Nawawi, H Sahlan MSi mengungkapkan, aplikasi pintar itu dibuat untuk menjawab kebutuhan madrasah sekaligus tantangan zaman. Pusat informasi yang mengintegrasikan seluruh kebutuhan stakeholder di lingkungan madrasah ini diharapkan dapat meningkatkan mutu serta layanan pendidikan bagi sekolah berbasis pesantren ini.

"Terlebih, siswa siswi kami berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan sistem ini, para wali siswa dapat memantau kegiatan putri-putrinya realtime," terangnya.

Karenanya, pihak madrasah menggandeng tim IT Time Exelindo dari Grha Universitas Amikom Yogyakarta untuk membangun sistem digital sesuai kebutuhan madrasah dan mampu mengakomodir seluruh kepentingan semua pihak. "Era sekarang adalah era digital. Jika kita tidak mampu mempersiapkan perangkatnya, tentu akan tertinggal dengan yang lain," katanya.

Sementara itu, Adrianto Mahendra Wijaya, S.Si, MT dari PT Time Exelindo menyampaikan bahwa SIM ini adalah pengembangan website madrasah sebagai sebuah portal dan aplikasi bagi seluruh staf, guru, admin, hingga wali murid. Sistem ini bekerja dengan mengolah data untuk kperluan sekolah, sehingga dapat mendapatkan informasi yang komprehensif. "Segala proses lebih transparan, lebih terbuka.

Selain iti, proses kegiatan belajar mengajar dapat termonitor dari kehadiran presensi, bahan materi kurikulum yang digunakan sehingga siswa dapat mengetahui dan mempersiapkan materi.

"Kehadiran siswa dapat tersimpan dan terdata denga  baik. Info tersebut dapat dibagikan kepada orang tua. Selain keaktifan, juga perkembangan siswa dalam belajar di sekolah. Sistem ini juga mewujudkan transparansi pembayaran sekolah. Sehingga administrasinya dapat dimonitor oleh orang tua," katanya. (adv/luk)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com