Antisipasi Lonjakan Kasus, Dinkes Temanggung Minta Masyarakat Segera Vaksinasi Booter

Antisipasi Lonjakan Kasus, Dinkes Temanggung Minta Masyarakat Segera Vaksinasi Booter

Para pedagang di Pasar Legi Parakan saat mengikuti vaksinasi booster (Foto: rizal ifan chanaris)-Pemkab Temanggung-Temanggung Ekspres

TEMANGGUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten TEMANGGUNG meminta agar seluruh masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk segera berkunjung ke layanan kesehatan terdekat, salah satunya puskesmas di wilayah kecamatan masing-masing.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, dr.Intan Pandanwangi, selain pertimbangan medis, yakni mempertebal ketahanan atau imunitas tubuh dari berbagai serangan varian virus Covid-19, vaksinasi booster juga telah mulai menjadi syarat utama bagi para pelaku perjalanan.

“Kami mendorong seluruh masyarakat yang belum mengikuti vaksin dosis ketiga atau booster agar segera mengunjungi Puskesmas untuk memperoleh vaksinasi dari para petugas medis. Karena vaksin booster telah mulai juga menjadi syarat utama bagi para pelaku perjalanan,” jelasnya, Selasa (26/7/2022).

Sementara itu, Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menambahkan, kasus Covid-19 di Indonesia mulai mengalami kenaikan pada akhir Mei ini seiring masuknya subvarian BA.4, BA.5. Begitu juga dalam tujuh pekan terakhir terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

Sebagai bentuk responsif, Pemkab Temanggung sejauh ini terus mempercepat vaksinasi dosis ketiga atau booster, yang sekarang sudah mencapai angka 25 persen.
“Vaksinasi ini akan terus kita percepat agar masyarakat mempunyai ketahanan tubuh, bila mana pandemi Covid-19 merebak lagi," tegasnya.

Bupati menegaskan pandemi Covid-19 belum selesai, kewaspadaan harus kembali ditingkatkan dengan memperketat prokes. Tingginya kasus Covid-19 tidak bisa dilepaskan dari masih meningkatnya tambahan kasus yang dipicu varian Omicron dan subvarian BA.4 dan BA.5.

"Temanggung sampai saat ini masih tetap melandai, kasusnya tidak terjadi lonjakan, sangat rendah, di rumah sakit juga tidak ada pasien yang dirawat karena Covid-19, akan tetapi kita tetap dalam posisi waspada guna mengantisipasi kasus-kasus baru Covid-19," imbuhnya.

Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada. Selain menjalankan prokes dengan ketat, masyarakat juga diharapkan segera melakukan vaksinasi Covid-19 mulai dosis pertama hingga dosis ketiga atau booster. Karena tuntasnya vaksinasi Covid-19 dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan Covid-19.

Sebab, vaksinasi ini merupakan bagian dari upaya pengendalian Covid-19 agar tidak kembali memburuk dan mengakibatkan terpuruknya sektor perekonomian, dan pendidikan.

 "Bagi masyarakat yang belum vaksin dosis pertama, kedua atau booster segera datangi layanan kesehatan atau gerai vaksinasi terdekat untuk mendapatkan vaksinasi," pungkasnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: temanggung ekspres