Berbasis Pemilu, SMKN 2 Magelang Sukses Gelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS

 Berbasis Pemilu, SMKN 2 Magelang Sukses Gelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Salah seorang siswa SMKN 3 Magelang memasukkan surat suara ke kotak dalam pilketos di sekolahnya.(foto: dokumen SMKN 2 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Memasuki pertengahan semester ganjil, SMKN 2 Magelang melaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos), Jumat 02 September 2022.

Pilketos ini dilaksanakan tepat di lapangan sekolah setempat, dengan OSIS sebagai panitia penyelenggara. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMKN 2 magelang, baik secara offline maupun online untuk kelas 12.
Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMKN 2 Magelang, dilakukan dengan sistem pemungutan suara.

Tahapan pemilihan secara offline dimulai dari mengisi daftar hadir. Mulai dari setiap 2 kelas dipanggil ke lapangan dan dipanggil urut berdasarkan absen untuk melakukan pencoblosan. Kemudian dilanjutkan dengan mengambil kertas suara untuk dicoblos di tempat pemungutan suara (TPS).

"Persiapan acara ini dilakukan satu hari sebelum pemilihan ketua dan wakil osis dilaksanakan. Kegiatan dipersiapkan sesama mungkin dengan pemilu yang dilakukan di negara ini," ucap Agus selaku guru sekaligus panitia acara ini.

Kertas suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke kotak suara. Setelah mencoblos, siswa-siswi akan diarahkan untuk mencelupkan jari kelingking di dalam tinta ungu lalu dicapkan ke selendang demokrasi sebagai bukti telah melakukan pilketos.

Untuk siswa-siswi kelas 12 yang tengah menjalankan masa Praktik Kerja Lapangan (PKL), tetap turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan melakukan pemilihan secara online melalui website.

"Kegiatan pilketos hari ini berlangsung dengan baik dan juga banyak pengalaman yang saya dapat dari pilketos kali ini," ucap Farhan siswa kelas XI PPLG 2.

Setelah acara pemunggutan suara sudah selesai, diberi jeda 10 menit untuk breafing OSIS sebelum berlanjutnya perhitungan suara atas pemilihan secara offline. Perhitungan ini ditulis pada papan tulis yang telah disiapkan dan akhirnya ditemukan hasilnya nomor urut dua sebagai pemenang.

Tidak jauh beda dengan pemilihan secara offline, pemilihan yang diadakan secara online juga memiliki hasil akhir dengan nomor dua sebagai calon dengan hasil perolehan suara yang tertinggi.

Arif Kisworo selaku pembina OSIS, berharap pelaksanaan pilketos ini bisa terpilih ketua dan wakil ketua osis SMKN 2 Magelang yang sesuai pilihan para siswa-siswi.

"Agar siswa-siswi menjadi paham seperti apa pelaksanaan pemilu yang ada di negara kita ini, karena pilketos ini kita laksanakan persis seperti pemilu yang ada di negara tercinta ini" lanjut Arif Kisworo. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara! (Adv/Tim Jurnalis Skanida/Nissa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com