Diresmikan Kemenpan RB, MPP Purworejo Didorong Jadi Pendongkrak Kemudahan Usaha

Diresmikan Kemenpan RB, MPP Purworejo Didorong Jadi Pendongkrak Kemudahan Usaha

TINJAU FASILITAS MPP. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB BERSAMA Bupati Purworejo dan kepala OPD terkait meninjau sejumlah fasilitas pelayanan di MPP Purworejo usai acara Grand Launching MPP Purworejo, kemarin. (Foto: Eko Sutopo)-Pemkab Purworejo-Purworejo Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Prof Dr Diah Natalisa MBA, berharap kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Purworejo mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

MPP juga didorong menjadi pendongkrak kemudahan usaha di wilayah Purworejo melalui penyediaan layanan perizinan dan nonperizinan yang terpadu.

Kendati telah memiliki berbagai fasilitas layanan lengkap, MPP Purworejo juga diharapkan dapat terus melakukan pengembangan dan inovasi agar manfaat pelayanan publik berbasis teknologi dapat dirasakan masyarakat luas secara berkelanjutan.

“Ini adalah Mal Pelayanan Publik ke-71 di Indonesia dan ke-14 di Provinsi Jawa Tengah. Paling banyak yang ada di Provinsi Jawa tengah,” kata Diah Natalisa saat meresmikan MPP Kabupaten Purworejo, Jumat 7 Oktober 2022.

Ada 30 instansi yang tergabung di MPP dengan total sebanyak 169 layanan. Usai meninjau sejumlah fasilitas MPP, Diah Natalisa memberikan apresiasi atas komitmen Pemkab Purworejo dalam upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan publik.

Menurutnya, pelayanan publik yang diberikan selama ini lebih bersifat parsial sehingga menyulitkan masyarakat.

“Jadi ini hal sangat menggembirakan karena selama ini pelayanan lebih bersifat parsial atau sendiri-sendiri dan sekarang berkolaborasi, itu nilainya,” terangnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, adanya MPP ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan ke depan juga dapat memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kesan saya MPP ini luar biasa. Modern dan minimalis, tetapi benar-benar terasa nyaman dan lengkap. Harapan kami, jangan cepat berpuas dengan apa yang dicapai disini, tetapi praktik baik ditempat lain yang juga positif bisa diadopsi. Semoga gedung ini akan tetap bagus, tetep eksis perawatannya” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo mengungkapkan bahwa tantangan ke depan MPP ini adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan, termasuk pembangunan lahan parkir sebagai penunjang pelayanan di MPP.

Namun, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan optimalisasi pelayan publik, termasuk dengan transformasi digital menuju smart city.

“Seperti yang kemarin baru saja kita launching, yakni aplikasi Call Center 112 dan aplikasi Larisi Purworejo. Mudah-mudahan kesemuanya itu akan semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas di berbagai bidang,” ungkapnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: purworejo ekspres