Penghargaan Perdana, Disdukcapil Kota Magelang Ditetapkan Sebagai Wilayah Bebas Korupsi

Penghargaan Perdana, Disdukcapil Kota Magelang Ditetapkan Sebagai Wilayah Bebas Korupsi

Disdukcapil Kota Magelang Dapat Predikat WBK-ISTIMEWA-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah sebagai lembaga yang mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) berdasarkan Evaluasi Zona Integritas (ZI) tahun 2023.

Penghargaan ini sekaligus menjadi Penghargaan perdana terhadap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Magelang.

Penghargaan tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, kepada Plt Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo, dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2023 yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Rabu 6 Desember 2023.

BACA JUGA:Kota Magelang Sabet 2 Penghargaan Sekaligus Salah Satunya Melalui Tidar Selatan

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa salah satu maksud dari acara ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada lembaga pemerintah atas pencapaian reformasi birokrasi secara langsung.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

BACA JUGA:Gelar DPRD Menyapa, Komisi C Kota Magelang Dicurhati Masalah Sampah

Sementara itu, Erwan Agus Purwanto, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, mengungkapkan bahwa rekomendasi terhadap hasil evaluasi pembangunan Zona Integritas tahun 2023 di Pemkot Magelang mencakup dua aspek.

Pertama, penting untuk memperhatikan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 90 Tahun 2021 saat melakukan pembangunan zona integritas.

Kedua, perlu mengajukan laporan ke Tim Pengendalian dan Pengawasan (TPN) agar dapat meningkatkan kualitas pembangunan zona integritas di setiap unit kerja.

BACA JUGA:Ngobrol Bareng di Angkringan Santai Jadi Cara Pemkot Magelang Serukan Gempur Rokok Ilegal

"Selanjutnya, memverifikasi bahwa enam area perubahan berjalan dengan efektif guna mendukung peningkatan sasaran pembangunan zona integritas, yakni meningkatkan integritas, pelayanan, dan kinerja," ucapnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres