Lions Club Perkaya Keanekaragaman Hayati Gunung Tidar

Lions Club Perkaya Keanekaragaman Hayati Gunung Tidar

Secara seremonial perwakilan Lions Club Magelang menyerahkan bibit pohon kepada Asisten II Ch Yonas Nusantrawan Bolla, di Gunung Tidar, Jumat lalu. foto: larasati putri/magelang ekspres--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Organisasi Sosial, Lions Club Magelang Taruna mewujudkan visi ke-5 “Environment” dengan kegiatan penanaman bibit dan pemberian burung merpati di Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang, Jumat, 7 Oktober 2022.

Spesial di tahun kedua ini, organisasi yang identik dengan rompi kuning itu mewujudkannya melalui aksi tanam pohon dan pelepasan burung merpati.

Mereka juga mengajak siswa-siswi SMK Negeri 3 Magelang untuk andil dalam melestarikan lingkungan di “Pakuning Tanah Jawa” dengan penamaman bibit kantil dan dewandaru.

President Lions Club Magelang Taruna, Murtiwi Arif mengatakan, selain penanaman pohon, pihaknya juga turut mepelas 50 ekor burung merpati. Sebab, sebagai peningkatan ekosistem maka antara flora dan fauna, harus seimbang.

“Alasan memilih kebun raya tidar karena mereka fokus dengan flora dan fauna sehingga Lions Club Magelang Taruna ingin memperkaya variasi tumbuhan yang ada di sini. Habitat merpati juga sedang digalakkan sehingga kami menyumbangakan 25 pasang merpati,” kata Murtiwi.

Dia menyebut, dalam aksi itu mereka juga dibantu sejumlah anggota Lions Club dari berbagai region lain seperti Lions Club Jogjakarta, Lions Club Temanggung, Lions Club Borobudur, dan Lions Club Bandung.

Termasuk Anggota DPRD Kota Magelang Marjinugroho, yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan, Asisten 2 Sekda Kota Magelang, Ch Yonas Nusantrawan Bolla, serta pihak-pihak lainnya.

“Pendanaan event ini full dari teman-teman, saudara kita dari Borobudur juga hadir. District Governor kita Pak Toni juga hadir, ini memberikan kesan bahwa kita tidak sendiri,” ungkap Murtiwi.

Dia menambahkan bahwa kegiatan yang berlokasi di puncak Tidar ini bertujuan untuk memperkenalkan organisasi Lions Club kepada masyarakat Kota Magelang khususnya kalangan muda.

“Anggota Lions sendiri masih terbatas, dengan acara ini kita berharap lebih dikenal dan memunculkan bibit-bibit Leo,” imbuh Murtiwi.

Leo merupakan sebutan bagi anggota Lions Club yang dikategorikan remaja atau berusia 10-25 tahun. Leo ini nantinya diharapkan dapat menjadi generasi muda penyalur kebaikan dalam mengemban tugas sosial dan kemanusiaan.

Sementara itu, Marjinugroho, penanggung jawab acara, mengapresiasi Lions Club Magelang yang peduli terhadap pengayaan keanekaragaman hayati di Kebun Raya Gunung Tidar.

Menurutnya, penting bagi generasi muda untuk memelihara dan konsisten melestarikan budaya peduli lingkungan, termasuk di Gunung Tidar.

“Apalagi Gunung Tidar sekarang sudah dijadikan kebun raya, maka praktis keanekaragaman hayati di dalamnya pun harus senantiasa ditingkatkan. Kami apresiasi, inisiasi Lions Club Magelang di Gunung Tidar,” paparnya. (mg2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: