KPU Verifikasi Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Peserta Pemilu 2024

KPU Verifikasi Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Peserta Pemilu 2024

VERIFIKASI. Petugas KPU Temanggung mulai melakukan verifikasi faktual partai politik (parpol). (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung mulai melakukan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024, Selasa (18/10).

Setidaknya ada enam parpol yang akan dilakukan verifikasi faktual (verfak) hingga Jumat 4 November 2022 mendatang.

Ketua KPU Temanggung M Yusuf Hasyim mengatakan, verfak kepengurusan parpol tingkat Kabupaten Temanggung, untuk enam parpol, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda).

Dijelaskan, verfak ini dilakukan untuk melakukan pengecekan data yang telah diajukan parpol saat pendaftaran beberapa waktu lalu.

"Tujuannya untuk mencocokkan antara data yang masuk dan yang berada di lapangan," katanya di sela melakukan verfak, Selasa (18/10).

Dikatakan, dalam pelaksanaan verifikasi faktual ini akan diambil sebanyak 1.600 sampel. Verifikasi akan dilakukan langsung oleh petugas kepada yang bersangkutan langsung dor to dor.

"Petugas akan datang langsung dan melakukan verifikasi data yang tercatat, apakah benar atau tidak ataukah sesuai dengan dengan yang ada di sipol, ada sejumlah formulir yang harus diisi dalam pelaksanaan verfak ini," jelasnya.

Pada verifikasi parpol ini juga akan dilakukan verifikasi kepengurusannya, yang meliputi alamat kantor, susunan kepengurusan dan lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Mulai dari kantor, ketua, sekretaris, bendahara, dan susunan kepengurusan lainnya, mereka juga diwajibkan menunjukan KTP elektronik saat verifikasi dilakukan," jelasnya.

Ia mengatakan, verfak ini dilakukan setelah KPU Temanggung selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap parpol.

Tim verifikator KPU Temanggung sendiri dibagi menjadi delapan, setiap tim sudah memiliki target pelaksanaan verifikasi, sehingga antara satu tim dengan yang lainnya tidak akan saling bertabrakan.

Yusuf juga mengingatkan kepada tim verifikator untuk melakukan 3S, yaitu senyum, salam dan sapa kepada siapapun yang didatangi. Sehingga tim verifikator KPU Kabupaten Temanggung dapat diterima dengan baik oleh masyarakat yang akan didatangi.

“Jangan lupa juga, semua bekal administrasi kita juga harus dibawa, surat tugas, tanda pengenal, lembar kerja, sampai dengan alat tulis. Sehingga nanti dapat berjalan lancar ketika kita melakukan verifikasi di lapangan,” pesan Yusuf. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com