Disperpusip Hadirkan Wisata Literasi Kutilang Untuk Siswa di Magelang

Disperpusip Hadirkan Wisata Literasi Kutilang Untuk Siswa di Magelang

WISATA LITERASI KUTILANG. Beberapa siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti kegiatan Wisata Literasi Kutilang di Perpustakaan Kota Magelang.(foto : larasati putri/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Wisata Literasi Kulitang yang menjadi salah satu terobosan baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang untuk mengembangkan sektor pariwisata. Wisata Literasi Kutilang merupakan kegiatan kunjungan dari siswa tingkat TK, SD, dan SMP dari seluruh Kota Magelang ke Perpustakaan Kota Magelang, Jalan Kartini, Magelang Tengah.

Sub Koordinator Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan (PLPBP) Disperpusip Kota Magelang, Leny Adriana M mengatakan, melalui program Wisata Literasi Kutilang, kegiatan menjadi lebih terstruktur dalam menghadirkan siswa TK, SD, dan SMP.

“Para pelajar dapat bergantian mengunjungi perpustakaan guna meningkatkan literasi mereka,” kata Leny di kantornya, Selasa 1 November 2022.

Leny menjelaskan jika program peningkatan literasi tersebut telah ada sejak lama. Namun pihaknya terus mencoba memperbaiki sistem agar Wisata Literasi Kutilang lebih terstruktur lagi.

"Sebelumnya itu tergantung siapa yang mau berkunjung ke sini untuk melakukan wisata literasi. Dengan arahan Bunda Literasi Kota Magelang, Ibu Niken Ichtiaty Nur Aziz, siswa sekolah yang hadir kini lebih terjadwal,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai buku dan gemar membaca. Jangan sampai indeks  pembangunan literasi masyarakat di Kota Magelang rendah, terutama tingkat kunjungannya.

"Dengan mengenalkan perpustakaan, kami berharap anak-anak memiliki motivasi besar untuk datang ke perpustakaan sejak dini,” katanya.

Siswa yang datang berkunjung, katanya, akan diberikan pengarahan untuk lebih mengenal perpustakaan dengan menyesuaikan tingkat sekolahnya.

"Pengenalan perpustakaan kepada anak TK, kami ajak bermain bersama sampai pemutaran film. Sementara SD dan SMP, kami lebih mengenalkan berbagai pelayanan di perpustakaan, terutama perpustakaan digital. Jadi, jika mereka tidak sempat untuk berkunjung langsung, bisa melakukannya secara digital,” terangnya.

Wisata Literasi Kutilang dimulai sejak bulan Agustus, dan direncanakan akan terus berlanjut hingga tahun depan. Kegiatan dilakukan setiap hari Senin hingga Kamis, pukul 08.00-09.00 WIB. Khusus hari Selasa, kunjungan diadakan pagi untuk tingkat SD dan siang pukul 13.00-14.00 WIB untuk SMP. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com