Kementrian PUPR Selesaikan 2 Gedung Baru Kampus Untidar Tepat Waktu, Kini Sudah Difungsikan

Kementrian PUPR Selesaikan 2 Gedung Baru Kampus Untidar Tepat Waktu, Kini Sudah Difungsikan

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR menyerahkan dua gedung perkuliahan baru kepada pihak Untidar. Foto: Heni Agusningtyas--

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kementrian PUPR telah merampun pembagunan 2 gedung perkuliahan baru Kampus Sidotopo Universitas Tidar di Magelang. Dua gedung megah yang menghabiskan biaya Rp65 miliar itu kini sudah digunakan untuk kuliah mahasiswa Fisipol dan Fakultas Pertanian. 

Dua Gedung baru yang difungsikan sebagai gedung kuliah terpadu dan gedung kuliah Fisipol, Kampus Sidotopo, Universitas Tidar itu sudah diserahkan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR kepada pihak Untidar. 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Cakra Nagara mengatakan pembangunan gedung kuliah terpadu dan gedung kuliah Fisipol dimulai pada 19 November 2021 dilaksanakan oleh PT Sinar Cerah Sempurna sebagai Kontraktor Pelaksana.

Total luas lahan yang dikerjakan adalah 7.503 m2 dengan rincian luas lahan Gedung Kuliah Fisipol 3.369 m2 dan Gedung Kuliah Terpadu 4.134 m2.

Gedung kuliah terpadu saat ini difungsikan sebagai gedung perkuliahan Fakultas Pertanian terdiri dari 6 lantai yaitu 1 lantai basement dan 5 laintai untuk perkuliahan dan perkantoran. Sedangkan untuk gedung kuliah Fisipol terdiri dari 5 lantai yaitu 1 lantai basement dan 4 laintai untuk perkuliahan dan perkantoran. 

Menurut Cakra, selama proses pembangunan, PUPR juga melibatkan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah untuk mendampingi dan membuktikan bahwa tidak ada pembangunan fiktif dan hasilnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat seperti contohnya pembangunan Untidar yang langsung digunakan oleh civitas akademikanya.

“Ada hikmahnya gedung ini selesai tepat saat musim hujan dimulai, jadi segera jika ada kebocoran dan lainnya bisa ditangani dalam waktu 6 bulan ini,” ungkapnya. 

Rektor Untidar menyampaikan terima kasih atas semua pihak yang memfasilitasi pembangunan dua gedung kuliah ini. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspress