Gema Pesta Wonosobo, Ajak Masyarakat Promosikan Produk Pariwisata

Gema Pesta Wonosobo, Ajak Masyarakat Promosikan Produk Pariwisata

SDM. Disparbud lakukan evaluasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) sekaligus launching Program Gema Pesta Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Wonosobo lakukan evaluasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sekaligus launching Program Gema Pesta Wonosobo di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo.

Program Gema Pesta Wonosobo merupakan inovasi baru dalam menggerakan masyarakat dan para pelaku pariwisata untuk ikut terlibat aktif dalam mempromosikan produk maupun potensi pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

“Berbagai isu yang masih menjadi perhatian dalam pengembangan pariwisata di Wonosobo, salah satunya SDM pariwisata dan penguatan program kerja kelembagaan pariwisata di Kabupaten Wonosobo. Ke depan itu akan menjadi fokus garapan Disparbud,” ungkap Kadisparbud Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo.

Menurutnya, melalui kegiatan ini Disparbud bersama para pelaku wisata bisa merefleksikan kembali tujuan dan program kerja dari berbagai lembaga kepariwisataan yang ada, baik yang sudah maupun yang belum terwujud. Juga termasuk hambatan dan penyelesaiannya serta kiprah Badan Promosi Pariwisata Daerah yang bernama Omah Wisata.

“Kita gelar evaluasi secara menyeluruh, merefleksikan kembali tujuan dan program kepariwisataan, termasuk kegiatan yang belum terwujud dan juga hambatan,” ujarnya.

Selain itu, Agus juga memaparkan rencana event Kabupaten Wonosobo tahun 2023 sebagai gambaran bagaimana segenap elemen pariwisata menyikapi event-event yang akan digelar, yang menjadi bagian dari industri pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wonosobo.

Acara yang juga dihadiri 14 elemen kepariwisataan yang tergabung dalam Badan Promosi Pariwisata Daerah seperti pemandu wisata, tour operator, Persatuan Hotel dan Restoran, Forum Komunikasi Pokdarwis, para pengelola destinasi wisata, pemandu wisata, pengusaha transportasi, pengusaha kuliner, duta wisata, dan Forum Komunikasi Desa Wisata, juga menghasilkan MoU antara Disparbud Wonosobo dengan Badan Promosi Pariwisata, sebagai upaya mewujudkan program - program yang saling bersinergi antara satu sama lain. (gus)

Sumber: magelangekspres.com