Kesehatan Mental Penting Dijaga Untuk Menghindari Gangguan Mental

Kesehatan Mental Penting Dijaga Untuk Menghindari Gangguan Mental

-Kemenkes RI-magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID -  Anak muda zaman sekarang pasti tidak asing dengan kata-kata 'mental health'. Mental health sangat penting dalam perkembangan kaum remaja, di mana masa remaja adalah masa transisi menuju dewasa.

Pengertian dari mental health atau kesehatan mental yaitu kondisi dimana individu menyadari akan potensi yang dimiliki dan mampu menanggulangi tekanan hidup, bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan.

Dikutip dari Kemenkes RI, kesehatan mental dapat terganggu apabila ditemui beberapa gejala gangguan mental pada kaum remaja diantaranya perubahan perilaku menjadi mudah marah, perubahan mood, dan kesulitan berkonsentrasi.

Dapat juga penurunan berat badan, berani menyakiti diri sendiri, muncul berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala dan perasaan yang berlebihan dalam menghadapi permasalahan.

Bagi remaja yang sudah terkena gangguan mental biasanya ia akan banyak menyendiri dengan memikirkan suatu permasalahan dalam hidupnya.

Permasalahan yang sering muncul bagi kalangan remaja bersumber pada dirinya sendiri, keluarga, lingkungan pertemanan, pendidikan yang ia jalani hingga lingkungan masyarakat.

Kesehatan mental juga perlu diperhatikan tidak hanya untuk kalangan remaja, bagi orang dewasa juga perlu sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan jiwa.

Berdasarkan data dari survei Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS), gangguan mental pada remaja 10-17 tahun di Indonesia menunjukkan bahwa satu dari tiga remaja memiliki masalah kesehatan mental yang setara dengan 15,5 juta remaja Indonesia.

Sementara itu, satu dari dua puluh remaja Indonesia memiliki gangguan mental dalam 12 bulan terakhir yang setara dengan angka 2,45 juta remaja Indonesia.

Dalam hal ini peran orang tua dan pemerintah sangatlah penting untuk menjaga populasi remaja yang merupakan populasi terbanyak untuk merealisasikan Indonesia Emas 2024 nanti.

 

Untuk menjaga kesehatan mental secara emosional dan fisik dapat dilakukan dengan mengembangkan dan mempertahankan makanan yang sehat, tidur dengan jam yang cukup dan teratur, selalu aktif dalam kegiatan dan menghindari alkohol.

Orangtua juga turut mendorong kesehatan mental bagi kaum remaja dengan cara menikmati waktu bersama anak dan tunjukkan bahwa orang tua tertarik dengan apa yang ada dalam kehidupan anak. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes ri