Masyarakat di Temanggung Diminta Berperan Awasi Pemilu di Medsos

Masyarakat di Temanggung Diminta Berperan Awasi Pemilu di Medsos

SERIUS. Anggota Panwascam serius mengikuti sosialisasi di aula Aliyana Hotel, Jumat (9/12).(Foto:Setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Masyarakat diharapkan terlibat langsung dalam pengawasan pemilu, terutama melalui media sosial (Medsos) yang saat ini menjadi sarana mudah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan oleh Fery Baehaki, Komisioner Bawaslu Kabupaten Temanggung saat sosialisasi partisipatif pengawasan Pemilu di aula Aliyana Hotel Temanggung, Jumat 9 Desember 2022.

Fery mengatakan, peran masyarakat dalam pengawasan pemilu juga sangat penting, oleh karena itu masyarakat juga harus bisa memahami aturan yang jelas terkait dengan pelaksanaan pemilu.

"Kami mengajak kepada masyarakat untuk berperan dalam pengawasan pemilu, tidak hanya di lapangan namun juga di media sosial," katanya, kemarin.

Ia mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada anggota Panwaslucam terkait dengan pengawasan pemilu di medsos.

Diharapkan anggota Panwaslucam ke depan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan pengawasan dan pencegahan pelanggaran Pemilu di media sosial.

"Edukasi kepada masyarakat terkait dengan pencegahan pelanggaran pemilu di medsos ini juga sangat penting," terangnya.
Menurutnya, selama ini sering terjadi kesalahpahaman masyarakat terkait dengan informasi di medos, sehingga tidak sedikit yang terjebak dalam informasi yang tidak benar.

"Kebanyakan kasus karena faktor ketidakpahaman, dengan sosialisasi ini kedepan masyarakat bisa lebih paham dalam memahami informasi di media sosial, apakah informasi benar atau tidak bahkan sampai dengan adanya kampanye hitam," jelasnya.

Fery menambahkan, selama ini memang belum ada penanganan terhadap pelanggaran pemilu di medsos. Namun demikian pencegahan pelanggaran pemilu di medos harus terus disosialisasikan.
"Sebagai bentuk pencegahan, jangan sampai terjadi pelanggaran pemilu di medos," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com