Senam Bersama Meriahkan Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kota Magelang

Senam Bersama Meriahkan Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kota Magelang

Kemeriahan masyarakat Kota Magelang menggelar senam bersama pada momen peringatan Hari Aids Sedunia dan Hari Ibu, di Alun-alun Kota Magelang, Senin, 12 Desember 2022. foto: wiwid arif/magelang ekspres--

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Berbagai kegiatan seperti senam bersama, fashion show, lomba senam kreasi, lomba yel-yel, hingga pameran UMKM memeriahkan Hari Ibu dan Hari AIDS Sedunia di Alun-alun Kota Magelang, Senin, 12 Desember 2022.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mengatakan, melalui perayaan ini diharapkan mampu memicu semangat para perempuan. Terutama dalam mengambil peran sentral di berbagai bidang pembangunan.

Khusus peringatan Hari Aids Sedunia, Niken meminta seluruh masyarakat kompak memberikan rasa simpati dan empati kepada para penderita penyakit Aids. Bukan malah mengucilkan mereka, sehingga justru memperparah tekanan mental pengidap penyakit itu.

"Teman-teman penderita HIV/AIDS jangan patah semangat, kalian masih bisa berkarya menjadi orang bermanfaat bagi orang lain," ujarnya.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz yang hadir pada kegiatan itu turut mengajak masyarakat untuk selalu menghormati dan menghargai seorang ibu.

"Ibu itu luar biasa. Dalam hadist, ibu disebutkan tiga kali, baru bapak. Kalau mau sukses hidupnya, harus berbakti pada ibunya," ucapnya.

Selanjutnya, terakit peringatan Hari Aids Sedunia, Aziz meminta para pasien HIV/AIDS agar disiplin dalam pengobatan dan menjaga kondisi fisik.

"Kalau sudah kena HIV/AIDS diobati dengan rutin, disiplin, jaga kondisi fisik dengan olahraga. Pencegahan agar tidak terinfeksi jangan pakai drugs, jangan sex bebas, jangan pakai jarum suntik yang tidak steril," imbuhnya.

Selain ratusan peserta senam, kegiatan itu juga dihadiri para Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Magelang, Sekretaris Daerah Kota Magelang, Kepala OPD, Camat dan Lurah, serta Direktur BUMD Kota Magelang.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Magelang, Surasmono mengatakan, kegiatan ini merupakan kampanye pencegahan HIV/AIDS. Dia mengapresiasi Pemkot Magelang yang sudah peduli dan berkomitmen untuk menanggulangi HIV/AIDS.

"Senang sekali karena masyarakat ramai datang, mereka siap ikut menanggulangi HIV/AIDS di Kota Magelang. Masyarakat sudah sadar, lewat RT/RW antusias setiap ada kegiatan sosialisasi. Ada penandatangan pula komitmen bersama, Pemkot dan Forpimda, siap menanggulangi HIV/AIDS dari tingkat bawah," jelas Surasmono

Dia menyebutkan, sejak 2004 di Kota Magelang ada sekitar 200 orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk memitigasi penyebaran.

Di kesempatan yang sama, turut diberikan penghargaan kepada pemenang lomba senam kreasi yaitu Juara 1 RW 06 Kelurahan Potrobangsan, Juara 2 RW 08 Kelurahan Rejowinangun Utara, Juara 3 RW 11 Kelurahan Kramat Selatan.

Sedangkan juara 1, 2, 3 lomba yel-yel berturut-turut Kelurahan Gelangan, Kelurahan Kedungsari, dan Kelurahan Kemirirejo. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres