Sensasi Rafting di Sungai Bogowonto Kian Dilirik Wisatawan

Sensasi Rafting di Sungai Bogowonto Kian Dilirik Wisatawan

RAFTING. Sejumlah wisatawan menjajal sensasi rafting dengan arus menantang di Sungai Bogowonto Purworejo, kemarin.(foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Sungai Bogowonto yang membelah Kabupaten Purworejo menawarkan wisata alam yang menantang bagi pecinta olahraga dan wisata air.

Keberadaannya kini semakin dilirik masyarakat berbagai kalangan, terlebih saat musim liburan.

Ketua Bogowonto Indonesia Adventure (BIA), Wahyudi menyebut, Sungai Bogowonto memiliki karakteristik yang menarik untuk menguji adrenalin.

Karena itu, sejak dirintis delapan tahun lalu, wisata rafting Purworejo terus berbenah. Berbagai fasilitas kini ditawarkan dalam aktivitas rafting itu.
Mulai dari trasportasi lokal, snack dan makan siang, hingga asuransi dan dokumentasi.

"Bogowonto rafting di Purworejo sudah mulai menggandeng beberapa biro atau agen perjalanan dan juga bekerja sama dengan hotel. Jadi ada paket rafting dan menikmati wisata sekitar," sebutnya, Selasa 13 Desember 2022.
Menurutnya, selama ini banyak yang sudah merasakan sensasi arung jeram sungai Bogowonto, Mereka tertarik dan antusias karena sungai Bogowonto tergolong masih sangat alami, belum banyak tercemar limbah.

"Harapan ke depan bisa menjadi destinasi wisata minat khusus yang ada di Kabupaten Purworejo seiring berjalannya waktu tentunya Purworejo semakin berkembang dengan adanya bandara, terus BOB dan ini Bogowonto menjadi salah satu alternatif wisata minat khusus di Purworejo," ungkapnya.

Minat menjajal sensasi rafting Bogowonto salah satunya datang dari paguyuban Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak, Jawa Tengah, belum lama ini.

Sebanyak 64 orang melakukan liburan liburan akhir tahun yang dikemas dengan nama Capacity Buliding Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak.
Selama lebih kurang 1,5 jam mereka mengarungi derasnya arus Sungai Bogowonto dengan didampingi para guide berpengalaman.

Menggunakan 10 perahu karet, mereka menempuh rute sejauh 9 KM dengan star di Desa Penungkulan Kecamatan Gebang dan finish di Tempuran Mas Desa/Kecamatan Loano.

"Kemarin sempat kita mencari lokasi dan akhirnya disepakati Purworejo," kata Koordinator Bendahara Puskesmas Kabupaten Demak, Hanafi.

Menurut Hanafi, rafting  merupakan wisata adrenalin yang memiliki tantangan cukup baik. Dari beberapa tempat yang pernah di kunjungi, Sungai Bogowonto dianggap cukup bagus untuk sport tourism rafting.

"Durasinya cukup lumayan, arusnya juga cukup deras dan ini benar-benar fresh. Harapanya bagi teman-teman yang belum pernah kenal dan belum pernah ke sini bisa kenal dan kesini, sehingga tata kelolanya bisa lebih baik lagi," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com