Ini Cara SMAN 1 Magelang Agar Siswanya Selalu Sehat

Ini Cara SMAN 1 Magelang Agar Siswanya Selalu Sehat

PENERBANGAN BALON. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz didamping Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Magelang membuka Kegiatan Smansa Healthy Day dengan menerbangkan balon warna warni, kemarin.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA Negeri 1 Kota Magelang menggelar kegiatan Smansa Healthy Day (SHD) dengan mengangkat tema “Healthy Life with Z`s Needs and Problems”. Kegiatan yang berfokus pada bidang kesehatan tersebut diselenggarakan di area SMAN 1 Kota Magelang pada 14 Desember 2022.

Berbagai rangkaian acara disuguhkan oleh PMR Wira SMAN 1 Kota Magelang. Mulai dari senam bersama, cek kesehatan, donor darah, sosialisasi terkait Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan serta beragam penampilan kreatif dari siswa-siswi SMAN 1 Kota Magelang.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Magelang, Etty Syariah mengatakan, SHD merupakan puncak acara dari beberapa agenda kesehatan yang telah menjadi kebiasaan rutin yang dilakukan oleh sekolah yang berada di Jalan Cempaka Magelang Tengah itu.

“Memang ini sebagai puncak kegiatan dari beberapa acara sebelumnya. Kita rutin mengadakan peregangan setiap hari untuk mengurangi kepenatan pada waktu anak-anak belajar. Kita lakukan pada pukul 14.00 siang atau di saat istirahat mata pelajaran,” ujar Etty.

Dia menjelaskan, pihaknya turut menyediakan fasilitas cek kesehatan secara periodik yang dibantu oleh empat petugas Puskesmas Kerkopan.

“Kita juga mengadakan cek kesehatan bagi siswa dan guru secara rutin, mulai dari cek kesehatan mata, tensi, dan cek kesehatan lainnya,” tambah Etty.

Etty menyatakan, melalui kegiatan SHD yang digagas oleh siswa-siswinya juga merupakan bentuk untuk memberikan pendidikan terkait pentingnya menjaga kesehatan diri serta memperhatikan jasmani dan rohani.

“Tujuannya agar para siswa-siswi menjadi lebih paham tentang arti menjaga kesehatan diri, bagaimana menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan, dan mengatur stress sehingga kita hadirkan acara seperti ini,” pungkas Etty.

Sementara itu, Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz turut hadir dan membuka  acara itu secara simbolis dengan menerbangkan puluhan balon warna-warni ke udara.

Kepala daerah yang merupakan alumni siswa SMAN 1 Kota Magelang memberi pesan kepada seluruh siswa-siswi SMAN 1 Kota Magelang untuk memiliki tiga sikap yang harus dimiliki setiap individu.

“Yang pertama yaitu patuh, contohnya patuh kepada orangtua dan guru. Yang kedua yaitu disiplin, dengan disiplin kita menjadi tertib dan tidak menyepelekan, dan pantang menyerah,” tutur Aziz.

Ketiga sikap tersebut, katanya, akan memacu para siswa untuk bertekad meraih cita-cita yang diimpikan.

“Sikap pantang menyerah akan membawa kesuksesan, dengan adanya semangat tersebut maka generasi muda akan terus belajar memperbaiki kegagalan,” tandasnya. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com