Awal 2023, 504 Mahasiswa Untidar Diterjunkan KKN di Wilayah Magelang

Awal 2023, 504 Mahasiswa Untidar Diterjunkan KKN di Wilayah Magelang

PELEPASAN. Ratusan mahasiswa Untidar akan melaksanakan program KKN di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.(foto : dok Untidar/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Acara pelepasan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di Halaman Gedung dr HR Suparsono, Selasa (3/1) lalu. Rektor Universitas Tidar (Untidar) Prof Dr Sugiyarto MSi menerjunkan 504 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kota dan Kabupaten Magelang, dimulai 3 Januari sampai dengan 3 Februari 2023.

Pada acara tersebut juga dihadiri para Dekan, Kepala LPPM beserta staf, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Melalui kegiatan KKN, Untidar berkomitmen untuk mendukung program Kementerian Desa yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Ada 18 hal yang dituju, di antaranya adalah desa tanpa kemiskinan, desa sehat sejahtera, dan pendidikan desa berkualitas," kata Kepala LMMP-PMP, Dr Dra Eny Boedy Orbawati MSi, Senin (9/1).

Ia menjelaskan bahwa program kerja KKN diharapkan dapat lebih terukur dan terarah. Ke-504 mahasiswa peserta KKN, terdiri dari Fakultas Ekonomi 378 peserta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 16 peserta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 13 peserta, Fakultas Pertanian 12 peserta, dan Fakultas Teknik 85 peserta.

"Mereka akan berkegiatan di 17 kelurahan di Kota Magelang, dan 8 desa di Kabupaten Magelang. Anggota kelompok KKN berasal dari berbagai program studi untuk memadukan kompetensi akademik mahasiswa, agar bisa terlibat secara aktif dan kreatif di tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa melalui KKN mahasiswa dapat menumbuhkan dan mematangkan jiwa pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, juga bertanggung jawab terhadap proses pembangunan dan masa depan bangsa, negara serta agama.

"Kemudian KKN diharapkan mampu memberikan manfaat untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, dan sarana melatih berbagai softskill di antaranya kecakapan komunikasi dan pemecahan masalah," ucapnya.

Manfaat bagi kalangan masyarakat, imbuh Eny, adanya KKN dapat membuka wawasan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak hanya itu, program KKN juga bermanfaat untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri dan berdaya.

Sementara itu, Rektor Untidar, Prof Sugiyarto berpesan kepada mahasiswa peserta KKN agar jangan banyak menggurui selama belajar di tengah masyarakat.

"Justru saat berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat dengan segala keragamannya, kita akan banyak mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan karier selepas lulus kuliah nanti. Seratus kebaikan belum tentu tercatat, namun satu keburukan akan selalu diingat. Harus santun dimanapun berada, jaga selalu nama baik Untidar,” pesan Rektor. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com