Ingin ke Puncak Gunung Pakai Motor? Gunung Telomoyo Tempatnya, Cek Rutenya!

Ingin ke Puncak Gunung Pakai Motor? Gunung Telomoyo Tempatnya, Cek Rutenya!

EKSOTIS. Jalur kendaraan untuk menuju puncak telomoyo dengan suguhan pemandangan yang eksotis.foto : instagram telomoyo_mountain/magelangekspres--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Memang tidak ada habisnya jika mengulik keindahan alam di Magelang. Segala keunikan juga tersaji di wilayah Magelang, salah satunya terdapatr gunung yang dapat diakses hingga ke puncaknya menggunakan mobil atau motor.

Gunung tersebut adalah Gunung Telomoyo. Ini sekaligus menjadi satu-satunya gunung yang bisa didaki menggunakan sepeda motor.

Sejak pagi, pukul 08.00, Jumat, 20 Januari 2023, media sosial Twitter diramaikan dengan tagar Telomoyo. Tampaknya warganet baru tahu, jika gunung yang terletak di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang Jawa Tengah itu merupakan satu-satunya gunung yang bisa didaki tanpa harus capek-capek jalan kaki.

Gunung dengan ketinggian 1.894 mdpl ini merupakan gunung nonaktif. Dari atas puncak gunung kita disajikan keindahan empat gunung, Gunung Sumbing, Merbabu, Andong dan Ungaran.

Untuk menuju puncaknya telah disiapkan untuk jalur pendakian alias jalan kaki dan jalur kendaraan. Tersedia jeep wisata untuk mencapai puncaknya, selama perjalanan kita akan disuguhkan tempat-tempat eksotis.

Jarak tempuh untuk menuju puncak kurang lebih 8 km, tidak akan bosan selama perjalanan ini karena keindahan hamparan perkampungan penduduk di wilayah Magelang dan sekitarnya terlihat serta hamparan sawah dan ladang milik warga. Tak hanya itu, kita juga disuguhkan air terjun yang tidak begitu deras.

Tak heran jika banyak wisatawan dan pendaki yang  mengunjungi gunung ini. Keeksotisan Danau Rawa Pening yang berada di Kabupaten Semarang turut menyumbangkan pemandangan yang menyihir mata pengunjung Gunung Telomoyo.

Untuk diketahui Gunung Telomoyo ini juga dijadikan tempat untuk diselenggarakan event kejuaraan gantole setiap tahunnya yang pendaratannya dilakukan di dekat Danau Rawa Pening.

Objek wisata puncak Telomoyo dibuka setiap hari, sedangkan untuk operasional fasilitas buka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Di sana kita telah disediakan fasilitas berupa wahana permainan menarik, spot foto yang instagramable, gazebo, cafe di atas awan dan camping ground.

Tips untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan menuju puncaknya pastikan mesin dan bahan bakar kendaraan dalam kondisi baik dan aman. Untuk pengunjung yang mengendarai mobil tidak diperbolehkan untuk sampai puncak. Telah disediakan persewaan jeep dan sepeda motor.

Untuk pengunjung dari Magelang untuk menuju puncaknya melalui Dalangan, Kecamatan Ngablak. Juga dapat melalui pintu masuk Sepakung, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jangan lupa untuk membawa pakain tebal, karena suhu di atas Gunung Telomoyo sangat dingin. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: