Keren, Perpustakaan Kota Magelang Dibuka Sampai 10 Jam Lho!

Keren, Perpustakaan Kota Magelang Dibuka Sampai 10 Jam Lho!

NYAMAN. Suasana Perpustakaan Daerah Kota Magelang yang sangat nyaman sehingga membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama berada di ruangan itu.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Magelang mulai memberlakukan tambahan jam operasional. Hal itu sebagai jawaban atas tingginya permintaan masyarakat agar Perpustakaan terbaik kedua se-Jawa Tengah itu buka lebih lama.

Mulai Selasa, 14 Februari 2023 mendatang, Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Kartini, Kecamatan Magelang Tengah tersebut bakal beroperasi 10 jam dari pukul 07.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, kebijakan tambahan operasional itu diberlakukan menyusul banyaknya usulan dari masyarakat, terutama kalangan pelajar. Mereka meminta supaya Perpusda buka lebih lama lagi seusai mereka pulang sekolah sekitar pukul 14.00 WIB.

"Rencana tambahan operasional ini berdasarkan usulan beberapa siswa SMP di Kota Magelang, karena mereka pulang sekolah itu jam 14.00. Supaya ada jeda waktu yang agak panjang, waktu bacanya juga lebih lama di perpustakaan, sehingga meminta kami untuk menambah jam operasional," kata Arif Barata Sakti, kepada wartawan, Jumat, 10 Februari 2023.

Pihaknya pun tidak keberatan dengan usulan itu. Justru langsung memberi respons positif dengan mempercepat proses kesiapan jelang penambahan jam operasional.

"Harapannya dengan menambah jam operasional jumlah kunjungan masyarakat, terutama pelajar ke Perpustakaan Daerah semakin bertambah," ujarnya.

Nantinya, petugas perpustakaan akan dibagi dua shift. Pada shift pertama, perpustakaan akan beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 12.00. Seusai jeda istirahat, perpustakaan akan dibuka lagi mulai pukul 13.00 hingga 17.30.

Jadwal itu berlaku pada hari Senin hingga Jumat. Sedangkan pada akhir pekan, Sabtu-Minggu dan hari libur nasional ditutup.

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang itu berujar bahwa cukup relevan jika pelajar SMP meminta perpustakaan buka hingga petang hari. Pasalnya, selama ini mereka hanya mendapatkan waktu sekitar satu jam usai pulang sekolah.

"Sebelumnya jadwal di perpustakaan tutup pukul 15.00. Kalau mereka pulang sekolah pukul 13.30, praktis tiba di perpustakaan pada pukul 14.00 dan hanya tersisa satu jam waktu bacanya. Itu terlalu singkat, sehingga kami berinisiatif untuk mengakomodasi usulan para pelajar yang disampaikan saat acara Ngopi Bareng Pak Wali," ungkapnya.

Dia berharap, dengan mengakomodasi usulan para pelajar, angka kunjungan pelajar ke Perpustakaan peraih Akreditasi A tingkat nasional itu turut bertambah. Apalagi, Disperpusip juga telah menyediakan ruang baca yang nyaman dan lengkap dengan fasilitas yang ada.

"Ruang baca kita sediakan di dalam (indoor) maupun taman baca di outdoor. Kita juga menyediakan pencarian judul buku berbasis digital, sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot mencari buku di rak satu per satu. Cukup mengetiknya lewat komputer maka akan tahu lokasi bukunya ada di mana," imbuhnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres