Jalani Tradisi, 11 Bintara Remaja Long March Sejauh 24,7 Kilometer di Wonosobo

 Jalani Tradisi, 11 Bintara Remaja Long March Sejauh 24,7 Kilometer di Wonosobo

PEMBARETAN. Sebanyak 11 bintara remaja penempatan di Polres Wonosobo menjalani pembinaan tradisi dan pembaretan. (foto: agus supriyadi/wonosobo ekspres)--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 11 bintara remaja penempatan di Polres Wonosobo menjalani pembinaan tradisi dan pembaretan belakangan ini. Mereka melakukan long march sejauh 24,7 kilometer.

Kegiatan jalan jauh tersebut dilepas langsung Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan, setelah sebelumnya para bintara remaja tersebut menginap di kawasan Sikunir, Kejajar.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar para bintara remaja mengenal wilayah Wonosobo. Sebelumnya, kesebelas bintara remaja tersebut juga telah menjalani masa persiapan dan latihan selama kurang lebih 2 bulan untuk mempersiapkan pembinaan tradisi ini.

“Kegiatan ini untuk mengenal wilayah tugas, lakukan dengan senang hati dan tetap jaga kesehatan hingga finish di Mapolres,” katanya.

Selain pengenalan wilayah, kegiatan pembinaan tradisi tahun ini sedikit berbeda. Sebelum melakukan jalan jauh atau long march, para bintara remaja diajak berkemah di sekitar Telaga Cebong, Sikunir sejak Jumat malam sebelumnya.

“Tidak hanya jalan jauh, namun malam sebelumnya para bintara juga diajak berkemah dan melakukan berbagai kegiatan seperti renungan suci, alarm stealing atau panggilan luar biasa untuk melatih kesigapan dan berbagai kegiatan positif lain,” terangnya.

Melalui prosesi pembinaan tradisi ini diharapkan bisa membentuk mental dan fisik para bintara remaja untuk menghadapi tantangan tugas yang berat kedepannya.

Dari rute kurang lebih 24,7 kilometer yang melewati perkampungan, persawahan hingga air terjun Sikarim telah disediakan 5 pos di tempat berbeda.


Di setiap pos para bintara remaja akan menerima penjabaran singkat materi dan praktik tentang berbagai ilmu Kepolisian sambil beristirahat sejenak.

Pembinaan tradisi ditutup dengan upacara pembaretan yang dilaksanakan di Polres Wonosobo. Dalam upacara tersebut seluruh bintara remaja dipakaikan baret sebagai simbol telah resmi bergabung sebagai anggota Polres Wonosobo. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres