Terungkap! Ini Alasan SMP Negeri 11 Magelang Punya Kelas Khusus Olahraga

Terungkap! Ini Alasan SMP Negeri 11 Magelang Punya Kelas Khusus Olahraga

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Imam Baihaqi.-FOTO : LARASATI PUTRI/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang membuka program baru di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program baru tersebut bernama kelas khusus olahraga (KKO).

Tujuan adanya KKO menjadi titik awal pengkaderan bibit-bibit muda siswa agar mampu fokus meningkatkan prestasi olahraga.

Kepala Disdikbud Kota Magelang, Imam Baihaqi saat ditemui di ruang kerjanya, pada Jumat, 28 April 2023, mengatakan bahwa pembentukan KKO ini merupakan hasil kerja sama dengan Komite Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang.

"Kami sepakat dengan KONI untuk menunjuk SMP Negeri 11 Magelang. Ke depan tentunya akan ada tambahan sekolah lainnya lagi," kata Imam Baihaqi.

Ia beralasan, penunjukkan SMP Negeri 11 ini karena di sekolah yang berada di Jalan Tentara Genie Pelajar No. 20, Potrobangsan, Magelang Utara itu sudah memiliki sarana dan prasarana yang mendukung. Apalagi lapangan di sana juga cukup luas.

"SMP N 11 Kota Magelang juga dekat dengan GOR Samapta, Gelora Sanden, sehingga diharapkan dapat mendukung fasilitas latihan olahraga yang cukup dan mumpuni bagi para calon atlet," katanya.

BACA JUGA:SMP N 11 Magelang Ditunjuk Buka Kelas Khusus Olahraga

Sedangkan untuk kurikulumnya, para siswa yang mengikuti program KKO akan diberikan dispensasi khusus selama pembelajaran. Hal ini ditengarai karena olahraga memerlukan tenaga fisik yang lebih berat dibandingkan kelas biasa.

“Kalau untuk pembelajarannya tetap sama, hanya kami diberikan dispensasi karena mereka capek latihan atau sedang mengikuti perlombaan mewakili sekolahnya,” tuturnya.

Imam Baihaqi menuturkan, program penjaringan atlet sejak dini ini nantinya akan didukung oleh para guru olahraga di sekolah tersebut.

Selain itu, ada dukungan melalui para pengampu tambahan baik dari KONI maupun pelatih yang telah mahir di bidang olahraga tertentu.

“Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang nanti juga akan membantu menyediakan pelatih untuk 5 cabang olahraga atau cabor dan direncanakan akan dikembangkan hingga 15 jenis olahraga,” jelasnya.

BACA JUGA:Mau Dapat Beasiswa dari Kemenpora Hingga Rp 10 Juta? Simak Syaratnya!

Imam Baihaqi menyebutkan bahwa SMP N 11 Kota Magelang menyiapkan satu kelas KKO dengan kapasitas 32 siswa. Kelas ini akan menerima 24 siswa asal Kota Magelang dan 8 siswa asal luar Kota Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres