SMP N 11 Magelang Ditunjuk Buka Kelas Khusus Olahraga

SMP N 11 Magelang Ditunjuk Buka Kelas Khusus Olahraga

Kepala bidang keolahragaan Disporapar Kota Magelang Yanuar Sosiawan. (foto : muhamad fadlil/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Angin segar bagi atlet muda Kota Magelang. Sebab, SMP Negeri 11 Kota Magelang ditunjuk menjadi rujukan bagi atlet untuk membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Konsekuensinya, sekolah tersebut harus memfokuskan pembinaan dan pelatihan atlet pelajar di Kota Magelang.

Kepala Bidang Olahraga, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Yanuar Sosiawan mengatakan bahwa dulunya KKO disebut sebagai Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP).

Sekarang penamaan tersebut telah diubah menjadi KKO. Di SMP Negeri 11 Magelang, nantinya akan dibuka satu KKO mulai tahun ajaran 2023/2024.

"Untuk pembukaan KKO ini nantinya dibuka untuk satu kelas dahulu lalu tahun berikutnya dibuka lagi dan terus bertambah," katanya, Selasa, 28 Maret 2023.

Ia menjelaskan bahwa sekolah setempat ditarget menciptakan 3 KKO hingga pada tahun 2025 mendatang.

Dari situ, Pemkot Magelang melalui Disporapar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan memberikan kucuran dana berasal dari APBD Kota Magelang.

"Untuk sementara, anggaran belum ada. Tapi nanti kalau sudah sampai tahun 2025 akan kita anggarkan sembari kita melakukan monitoring ke sekolah lainnya," ucapnya.

Yanuar juga mengatakan bahwa Kota Magelang belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang keolahragaan yang mengacu pada Undang-Undang No 11 Tahun 2022. Jika nanti sudah memiliki perda tersebut, maka kemungkinan besar KKO akan masuk di dalamnya.

"Sejauh ini usulan pembukaan KKO di SMPN 11 Magelang sudah disetujui Disdikbud. Apalagi kuota siswa di SMP tersebut belum terpenuhi, sehingga diharapkan adanya KKO akan menambah minat siswa bersekolah di sana," terangnya.

Di lain sisi dengan dibukanya KKO ini dapat turut menjaring atlet berprestasi di Kota Magelang. Sebab, selama ini banyak atlet yang berprestasi di Kota Magelang lebih berminat sekolah di luar daerah karena tidak adanya KKO.

"Ini menjadi alternatif sehingga atlet-atlet berprestasi di Kota Magelang bisa terakomodasi dengan baik. Bahkan memiliki kompetensi yang memudahkan mereka belajar ke tingkat lanjut," imbuhnya.

Untuk kegiatan belajar mengajar sendiri Yanuar menyampaikan akan berbeda dengan kelas reguler. Sebab, pembelajaran menitikberatkan pada latihan-latihan keolahragaan.

"Harapannya dibukanya KKO bakal mendongkrak prestasi olahraga di Kota Magelang agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya. (mg5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres