Di Kota Magelang PKS Jadi Parpol Pertama Daftarkan Calegnya ke KPU

Di Kota Magelang PKS Jadi Parpol Pertama Daftarkan Calegnya ke KPU

PKS menjadi parpol pertama yang mendaftarkan calegnya di KPU Kota Magelang, Senin 8 Mei 2023-FOTO : HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pembukaan pendaftaran calon anggota DPRD Kota Magelang sudah dibuka sejak 1 Mei 2023 dan ditutup pada 14 Mei 2023.

Pada Senin, 8 Mei 2023, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Magelang mendaftarkan calon legislatifnya (caleg) di KPU Kota Magelang Jalan Diponegoro, Magelang Tengah.

Sengaja mereka memilih tanggal 8 karena ingin menyesuaikan dengan nomor urut partai tersebut.

"Alhamdulillah jam 13.57 WIB sudah diterima KPU untuk menyerahkan berkas persyaratan Caleg PKS Kota Magelang. Hari ini adalah tanggal 8, sesuai nomor PKS nomor 8. Ada seruan dari DPP untuk mendaftar hari ini (Senin) secara nasional," kata Bustanul Arifin, Ketua DPD PKS Kota Magelang.

Ibus begitu nama panggilan pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Magelang tersebut menjelaskan, ada 25 caleg yang didaftarkan dan komposisinya sudah memenuhi 30 persen perempuan.

"Dengan formasi bacaleg yang saat ini, kami berharap PKS minimal ada kenaikan 1 kursi di masing-masing dapil," katanya.

BACA JUGA:Ini Persyaratan yang Wajib Dipenuhi Bakal Calon DPRD di KPU Kota Magelang

Penyerahan berkas dilakukan oleh ketua umum dan sekretaris umum didampingi segenap pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPD) PKS Kota Magelang dan diterima oleh Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, yang didampingi segenap komisioner dan disaksikan oleh ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu.

"Dengan diserahkan berkas pendaftaran ke KPU insyaallah PKS siap untuk menjadi kontestan pada perhelatan Pileg 2024,” tegasnya.

Dia bersyukur karena secara administratif setelah dilakukan pemeriksaan berkas-berkas pendaftaran, pendaftaran PKS sudah dinyatakan komplet dan diterima.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron membenarkan jika PKS adalah partai pertama yang mendaftar calegnya pada tanggal 8 Mei 2023.

Ia mengatakan jika berkas yang disampaikan PKS sudah dinyatakan lengkap.

"Kami sudah terima dan dinyatakan lengkap. Untuk selanjutnya ada proses verifikasi kembali," katanya.

Pendaftaran parpol sendiri akan terus dibuka hingga tanggal 14 Mei pada pukul 23.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres