HIR Jatmiko : Raperda Keolahragaan Sebagai Acuan Pengembangan Olahraga Berkelanjutan di Kota Magelang

HIR Jatmiko : Raperda Keolahragaan Sebagai Acuan Pengembangan Olahraga Berkelanjutan di Kota Magelang

Ketua Panitia Khusus 11 DPRD Kota Magelang, sekaligus Ketua PRSI HIR Jatmiko.-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ketua Panitia Khusus (Pansus) 11 Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Keolahragaan DPRD Kota Magelang, HIR Jatmiko mengapresiasi keseriusan pemerintah daerah terhadap kemajuan olahraga.

"Raperda tentang keolahragaan sudah tuntas dibahas Pansus 11. Harapannya, Kota Magelang segera mewujudkan majunya prestasi olahraga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para insan olahraga," kata HIR Jatmiko, Rabu, 31 Mei 2023.

BACA JUGA:Seleksi Sekda Kota Magelang, HIR Jatmiko : Harus Lebih Terbuka dan Transparan Lagi

Ketua Umum PRSI Kota Magelang tersebut menuturkan, perda ini menjamin meratanya akses dan sarana prasarana olahraga.

Ia berharap, setelah terbentuknya perda khusus keolahragaan ini, Pemkot Magelang agar dapat memperhatikan para atlet olahraga yang berprestasi. Termasuk di antaranya mengucurkan dana APBD Kota Magelang untuk kemajuan bidang keolahragaan.

"Harapan saya, setelah terbentuknya perda Pemerintah Kota Magelang dapat memperhatikan para atlet yang berprestasi di bidang olahraga," harapnya.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan SMP Negeri 11 Magelang Punya Kelas Khusus Olahraga

Manfaat lain, adanya Raperda Keolahragaan, lanjut Jatmiko yakni memberi kepastian hukum semua pihak dalam mengimplementasikan pembinaan dan pengembangan olahraga.

Selain itu, juga bisa memperkokoh sistem pembangunan keolahragaan hingga mengakselerasi tercapainya pembangunan keolahragaan.

"Selain akan menjadi payung hukum dalam penerapan program-program untuk pembinaan olahraga di Kota Magelang, keberadaan Perda Keolahragaan juga menjamin kesinambungan pembangunan olahraga secara merata dan harmonis. Sehingga tidak ada lagi, cabor spesial dan cabor nonspesial," ucapnya.

BACA JUGA:Lantik 87 PPPK Guru Formasi 2022, Ini Pesan Walikota Magelang!

Menurut Jatmiko, sebenarnya antara pembangunan dan penyelenggaraan olahraga memiliki peran yang sama pentingnya dengan pembangunan bidang lain, seperti pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan sebagainya.

"Hal ini dapat dipahami karena melalui aktivitas olahraga, selain meningkatkan kesehatan juga mendukung peningkatan kecerdasan yang menopang keberhasilan pendidikan," tandasnya.

Dengan begitu, maka pengembangan produktivitas masyarakat akan semakin meningkat diikuti meningkatnya kemampuan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres