Dandim Magelang Tutup TMMD ke 116: Kebersamaan Gotong Royong TNI Bersama Rakyat

Dandim Magelang Tutup TMMD ke 116: Kebersamaan Gotong Royong TNI Bersama Rakyat

PEMUKULAN GONG. Dandim 0705/Magelang menutup TMMD Sengkuyung tahap 1 disaksikan Forkompimda Kota Magelang, Kamis, 8 Juni 2023 di Lapangan Nambangan.-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 Kota Magelang resmi ditutup.

Hal itu ditandai dengan upacara penutupan dengan mengangkat tema "Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI - rakyat semakin kuat".

Upacara yang dihadiri Forkompimda Kota Magelang tersebut bertempat di Lapangan Candi Kampung Nambangan, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kamis, 8 Juni 2023.

Membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan, program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan.

BACA JUGA:SI KARTIKA : Bikin Kartu Kuning Bisa dari Rumah Cukup Pakai Hp

Program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan.

TMMD juga dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan.

Program TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat. Tentunya dalam mengakselerasi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.

"Saya bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun nonfisik dapat tercapai," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI-Polri, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-116.

Lebih lanjut, Pangdam IV/Diponegoro melalui Dandim Magelang berpesan agar terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi.

BACA JUGA:Usai Diterjunkan, Polisi RW Intensif Kunjungi Warganya Atasi Permasalahan

Selain itu agar terus memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, serta pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang panjang.

"Lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang. Semoga Tuhan Yang Maha Bijaksana senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai," pungkasnya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres