5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah, Jangan Remehkan!

5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah, Jangan Remehkan!

Mau tau amalan senilai haji dan umrah?--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Allah Ta'ala menjanjikan pahala yang berlipatganda bagi umatnya yang mengerjakan amalan sholeh seperti dijelaskan dalam Alquran dan hadits.

Besaran pahala tersebut tergantung pada amalan yang kita kerjakan. Dalam tulisan ini kami mencoba merangkum lima amalan yang bila dikerjakan maka  pahalanya senilai haji dan umrah.

BACA JUGA:3 Perkara yang Dapat Membinasakan Manusia, Hati-hati yang Nomer 2!

Inilah 5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah :

1. Bertasbih, Bertahmid, dan Bertakbir Setelah Setiap Sholat Wajib

Setiap hari kita mengerjakan sholat fardhu lima kali sehari. Setiap selesai shalat hendaknya membaca tasbih, tahmid, dan takbir. Bagi yang mengerjakan amalan tersebut maka pahalanya sebanding haji dan umrah.

Dalilnya, dalam hadits HR. Bukhari no. 843, Rasulullah berusaha menghibur hati para sahabat yang tidak sanggup untuk menunaikan ibadah haji, lalu beliau pun menunjukkan sebuah amalan yang sebanding dengan amalan haji, umrah dan berjihad.

BACA JUGA:3 Perkara yang Dapat Membinasakan Manusia, Hati-hati yang Nomer 2!

2. Pergi ke Masjid dengan Tujuan Menuntut ilmu atau Mengajarkan Ilmu

Rasulullah  SAW bersabda: “Siapa yang pergi ke masjid dengan tujuan mempelajari ilmu atau mengajarkannya, dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani no. 7473, lihat shahih targhi wa tarhib no. 86).

Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan yang mengajarkan dan menuntut ilmu. Apabila seseorang niat ke masjid untuk mengajarkan ilmu atau menuntut ilmu maka akan mendapatkan pahala senilai haji dan umrah.

3. Pergi ke Masjid untuk Melaksanakan Shalat Wajib dalam Keadaan Bersuci

Dalilnya, Rasulullah bersabda,“Siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berhaji.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

BACA JUGA:Mengapa Ada Umat Islam Enggan Masuk Surga? Simak Penjelasan Rasulullah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: