KPU Kota Magelang Antisipasi Petugas KPPS Kelelahan Saat Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU Kota Magelang Antisipasi Petugas KPPS Kelelahan Saat Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU Kota Magelang membuka FGD penyiapan rumusan kebijakan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilu serentak tahun 2024.-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang mulai mengantisipasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada saat penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Proses penghitungan suara pada Pemilu 2024 akan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi berupa aplikasi khusus Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengatakan, adanya Si Rekap dapat memudahkan KPPS dalam merekapitulasi secara online.

Penggunaan teknologi tersebut juga mencegah potensi salah tulis petugas KPPS.

BACA JUGA:Berikut Ini Jumlah DPT Pemilu 2024 Kota Magelang per Kecamatan

Terlebih, aplikasi Sirekap ini pernah diterapkan KPU pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 lalu.

"Si Rekap merupakan alat bantu agar sistem yang dijalankan teman-teman di lapangan lebih efektif dan efisien," ujar Basmar Perianto Amron usai membuka Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan penyusunan perumusan untuk kebijakan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2024  di Hotel Atria Kota Magelang, Senin, 26 Juni 2023.

Menurutnya, dengan adanya Si Rekap, maka petugas KPPS mendapatkan alat bantu penghitungan suara sehingga lebih efektif dan efisien.

"Sifatnya sebagai alat bantu. Setelah melalui plano, lalu salinannya akan dicantumkan lewat aplikasi Sirekap. Jadi nanti otomatis input ke aplikasi Sirekap dan dihitung," jelasnya.

BACA JUGA:Partisipasi Pemilu 2019 di Kota Magelang Capai 86%, 2024 KPU Naik Target Jadi 88%

Adanya Sirekap, kata Basmar, dapat mencehah potensi terjadinya salah tulis dan salah hitung. Selain itu juga menghindari adanya petugas penyelenggara Pemilu yang kelelahan.

Sekadar informasi pada Pemilu 2019 lalu, banyak penyelenggara pemilu yang kelelahan lantaran panjangnya proses penghitungan suara di tingkat tempat pemilihan suara (TPS).

"Harapan kami kalau bisa disederhanakan itu bisa lebih efektif sehingga teman-teman di KPPS tidak terlalu lelah dalam bertugas," tandasnya.

BACA JUGA:Segini Jumlah DPT Pemilu 2024 di Kota Magelang, Pemilih Perempuan Lebih Banyak Dibanding Laki-laki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres