Parkir Sembarangan, Salah Satu Penyebab Kemacetan di Kota Magelang

Parkir Sembarangan, Salah Satu Penyebab Kemacetan di Kota Magelang

PENGECEKAN . Kapolres AKBP Yolanda memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 Dandim 0705 Magelang, Letkol Inf Jarot Susanto, Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmiko, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Magelang Otrostianto, -Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda E Sebayang meminta kepada pengguna jalan untuk tidak parkir sembarangan. Karena, hal tersebut berpengaruh kepada kelancaran lalu lintas.

"Kota Magelang itu kota kecil tapi terjadi kemacetan di mana-mana. Kami meminta masyarakat pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas terutama juga saat parkir kendaraan jangan sampai menimbulkan kemacetan bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan," ujar Kapolres usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023, di Alun-alun Magelang, Senin, 10 Juli 2023.

Operasi Patuh Candi 2023 dimulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023 berlangsung selama 14 hari ke depan. Fokus perhatian pada Operasi Patuh Candi 2023 adalah keselamatan pengguna jalan.

BACA JUGA:Pemkot Magelang Janji Bakal Usulkan Pembangunan SMA Negeri di Magelang Selatan

Keselamatan memang yang utama dalam etika berlalu lintas, dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Operasi Patuh Candi 2023 akan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum lalu lintas menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Polres Magelang Kota siap melaksanakan Operasi Patuh Candi 2023, dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Kita berharap masyarakat Kota Magelang ikut tertib berlalu lintas serta menjaga keselamatan dalam berkendara,” Papar AKBP Yolanda Evalyn Sebayang,Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmiko mengatakan bahwa Dinas Perhubungan Kota Magelang mendukung Polres Magelang Kota dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023.

Dirinya berharap warga Kota Magelang untuk mematuhi peraturan berlalu lintas yang ada mulai dari parkir kendaraan.

BACA JUGA:Lampu Merah Terlama di Magelang Sampai 5 Menit, Netizen : Bisa Disambi Skripsian

“Di Kota Magelang sudah terpasang CCTV setiap persimpangan pada Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), sehingga sudah terkoneksi pada sistem ETLE Polres Magelang Kota. Kita juga siap bersama-sama Polres Magelang Kota dalam melaksanakan Operasi Patuh Candi 2023 di wilayah Kota Magelang," kata Candra Wijatmiko.

Dijelaskan Chandra ada 100 lebih titik kamera pemantau yang akan melaporkan pelanggaran lalu lintas yang terkoneksi dengan ETLE Polres.

"Meski tidak ada petugas tapi pengguna jalan harus punya kesadaran untuk tertib berlalu lintas," ujarnya.

Untuk masalah parkir Dishub akan terus melakukan penertiban. Bahkan pihaknya akan memberikan sanksi kepada pengguna parkir yang tidak tertib. "Nanti akan dilakukan penggembosan dan pengambilan kendaraan apabila masih tidak tertib," kata Chandra.

Menurut Chandra parkir yang tidak tertib akan mengakibatkan kemacetan jalan bahkan menimbulkan kecelakaan. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres