Pemkot Magelang Janji Bakal Usulkan Pembangunan SMA Negeri di Magelang Selatan

Pemkot Magelang Janji Bakal Usulkan Pembangunan SMA Negeri di Magelang Selatan

DPRD Kota Magelang bersama pejabat OPD Pemkot Magelang saat menggelar Rapat Dengar Pendapat, Senin, 10 Juli 2023.-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemkot Magelang berjanji untuk segera mengusulkan sekolah menengah atas (SMA) berstatus negeri untuk dibangun di wilayah Kecamatan Magelang Selatan.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Larsita usai menjawab usulan dari Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, Muh Harjadi di sela rapat dengar pendapat (RDP), Senin 10 Juli 2023.

"Kecamatan Magelang Selatan, khususnya di wilayah Kelurahan Tidar Selatan dan Utara memang susah untuk mendapatkan tempat pendidikan SMA negeri karena memang di sana tidak ada," ujar Pj Sekda Larsita.

BACA JUGA:Lampu Merah Terlama di Magelang Sampai 5 Menit, Netizen : Bisa Disambi Skripsian

Dengan begitu, Pemkot Magelang berencana untuk mengusulkan pembangunan SMA negeri baru di wilayah tersebut sebagai visi memfasilitasi kebutuhan pendidikan secara merata dan menyeluruh.

"Komitmen kami agar ada langkah bagaimana di wilayah Kecamatan Magelang Selatan diusulkan ada SMA negeri baru. Tentu ini masukan yang sangat baik bagi pemerintah, walaupun secara kewenangan itu berada di ranah Pemprov Jawa Tengah," imbuh Larsita.

BACA JUGA:Muh Harjadi Anggap Kekurangan Sekolah Negeri di Magelang Selatan Jadi Masalah Utama PPDB

Dia juga berharap, kalangan legislatif memberikan dukungan, terutama dalam proses pengusulan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Sebab, saat ini pendidikan tingkat SMA dan SMK menjadi ranah Pemprov Jawa Tengah.

"Kami mohon bantuan dari DPRD Kota Magelang untuk membantu mengawal proses pengusulan (SMA negeri baru) di Kecamatan Magelang Selatan," ujarnya.

BACA JUGA:Luar Biasa! Akses Air Minum Kota Magelang Capai Angka Sempurna

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, Muh Harjadi menilai bahwa pengusulan pendirian SMA negeri baru di Kecamatan Magelang Selatan sudah dilakukan sejak 2015 silam.

"Waktu itu kewenangan SMA masih ada di tangan Disdikbud Kota Magelang, tapi tidak pernah ditindaklanjuti sampai sekarang. Padahal, mendapatkan pendidikan itu adalah hak seluruh masyarakat yang harus kita lindungi," terangnya.

Dirinya juga menyebut, Kecamatan Magelang Selatan jadi satu-satunya kecamatan yang hanya memiliki satu SMA berstatus negeri, yakni SMA Negeri 4 Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres