Muh Harjadi Anggap Kekurangan Sekolah Negeri di Magelang Selatan Jadi Masalah Utama PPDB

Muh Harjadi Anggap Kekurangan Sekolah Negeri di Magelang Selatan Jadi Masalah Utama PPDB

SMA Negeri 4 Magelang menjadi satu-satunya SMA negeri yang berada di wilayah Kecamatan Magelang Selatan.-FOTO : ISTIMEWA/TANGKAPAN LAYAR-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Menjadi kawasan terpadat kedua dan penyangga ekonomi utama di Kota Magelang, Kecamatan Magelang Selatan berbanding terbalik dengan jumlah sekolah yang ada.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Kecamatan Magelang selatan terdiri dari 6 kelurahan berpenduduk lebih dari 40.979 jiwa.

Memiliki luas wilayah 7,13 kilometer persegi, Kecamatan Magelang hanya memiliki satu Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri yang terletak di wilayah barat Kota Magelang.

Hal ini seringkali membuat warga Magelang Selatan, terutama yang berada di Kelurahan Tidar Utara, Tidar Selatan, Rejowinangun Selatan, dan Kelurahan Magersari sulit menyekolahkan anak-anak mereka di SMA negeri jika sistem zonasi masih diterapkan.

BACA JUGA:Tiap Tahun, Zonasi PPDB Selalu Dikeluhkan Emak-emak di Kabupaten Tegal

Fakta ini menjadi perhatian Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, Muh Harjadi. Anggota Fraksi Partai Golkar tersebut menyebut jika sebenarnya bukan sistem zonasi yang menjadi permasalahan utama dalam tiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Magelang Selatan.

Namun, kurangnya keberadaan sekolah negeri di Kecamatan Magelang Selatan yang membuat PPDB tiap tahunnya selalu menemui masalah.

"Masalahnya bukan pada zonasi, tapi tidak ada sekolah negeri SMA di Magelang Selatan, terutama di 4 kelurahan selain Jurangombo Utara dan Jurangombo Selatan," ujar Muh Harjadi, Senin, 26 Juni 2023.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Siap PPDB Sekolah Siap Kerja?

Menurut Muh Harjadi, sebaran SMA negeri di Kota Magelang kurang merata. Dari tiga kecamatan yang ada, Magelang Selatan menjadi satu-satunya kecamatan hanya memiliki satu SMA negeri.

"Kalaupun ada SMK Negeri 1 Magelang itu wilayahnya secara administratif berada di Kabupaten Magelang. Lalu ada SMA Negeri 4 Magelang lokasinya berada di wilayah bagian barat, sehingga empat kelurahan yang ada di timur tidak pernah terjaring lewat jalur zonasi," terangnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah Kecamatan Magelang Utara, yang notabenenya menjadi kecamatan paling sedikit penduduknya.

Di Kecamatan Magelang Utara ada dua SMA berstatus negeri yaitu SMA Negeri 2 Magelang dan SMA Negeri 5 Magelang.

BACA JUGA:CEK DI SINI! Inilah Daftar Zonasi Sekolah Tingkat SMA PPDB Kota Magelang 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres