86 Bacaleg Gagal Maju Pemilu 2024, Tak Lolos Seleksi Administrasi

86 Bacaleg Gagal Maju Pemilu 2024, Tak Lolos Seleksi Administrasi

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M Yusuf Hasyim-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 86 bakal calon legislatif (Bacaleg) dipastikan urung maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Kepastian ini setelah tahapan perbaikan administrasi berakhir pada Minggu, 9 Juli 2023 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M Yusuf Hasyim mengatakan, tahapan pendaftaran bacaleg sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, sedangkan untuk tahapan perbaikan dokumen administrasi sudah selesai atau ditutup pada Minggu pukul 23.59 lalu.

Sehingga lanjutnya, bagi bacaleg yang tidak lolos seleksi administrasi, maka tidak akan ikut dalam kontestasi politik 2024 mendatang.

BACA JUGA:Mengenal Ikan Uceng Temanggung yang Lebih Gurih Dibanding Ikan Uceng Daerah Lain

"Tahapan perbaikan dokumentasi persyaratan bacaleg sudah dimulai pada hari Senin (26/6) dan berakhir pada hari Minggu (9/7). Selama kurun waktu ini bacaleg bisa memperbaiki administrasi yang masih belum komplit," katanya.

Namun katanya, sejumlah 86 bacaleg dari beberapa partai politik (parpol) yang terdaftar di Temanggung, terpaksa tidak lolos pada seleksi dokumen administrasi.

"Di hari terakhir, kami membuka layanan sampai pukul 23.59," jelasnya.

Menurutnya, 86 bacaleg yang tidak masuk dalam tahapan ini karena beberapa faktor penyebab. Selain itu ada beberapa parpol peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Temanggung mengurangi jumlah bacaleg pada perbaikan persyaratan dokumen administrasi.

BACA JUGA:Pemkab Temanggung Perketat lalu Lintas Sapi Asal Gunungkidul DIY

"Jumlah bacaleg pada pendaftaran sampai 14 Maret 2023 sebanyak 560 orang, namun dalam perbaikan persyaratan dokumen administrasi tinggal 474 orang," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan penelitian dokumen administrasi dengan sistem informasi pencalonan (silon). Langkah ini untuk men-sinkronkan apakah dokumen yang diberikan dengan yang diunggah di silon sama.

"Yang kami teliti dari berkas yang diajukan itu ada beberapa perubahan terkait daftar caleg masing-masing parpol," katanya.

Menurut, tidak semua parpol berubah, tetapi ada beberapa parpol yang berkurang dari jumlah bacaleg yang diajukan tanggal 14 Maret 2023. Ada beberapa partai politik yang turun jumlah bacalegnya, antara lain Partai Garuda dan Partai Gelora, dari daftar yang diajukan kemarin ada beberapa pengurangan.

"Kami tidak mengetahui alasan mereka mengurangi jumlah bacalegnya, kami hanya menerima berkas yang diajukan di perbaikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres