Siswa SMKN 2 Magelang Raih Penghargaan Duta Generasi Berencana Kota Magelang 2023

Siswa SMKN 2 Magelang Raih Penghargaan Duta Generasi Berencana Kota Magelang 2023

Siswa SMKN 2 Magelang Raih Penghargaan Duta Generasi Berencana Kota Magelang 2023--

MAGELANGMAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Salah satu siswa SMK Negeri 2 Magelang berhasil meraih juara 1 dalam ajang Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Magelang Tahun 2023. Siswa tersebut yaitu Afelova Stevano Jordan dari kelas 12 AKL 3.

Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk menjadi role model serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi.

Adapun seleksi Duta Genre Kota Magelang dilaksanakan pada 17 Juni 2023 sampai 6 Juli 2023, dilanjutkan acara puncak yaitu malam apresiasi penentuan Duta Genre Kota Magelang pada Jumat 7 Juli 2023 di Hotel Atria Magelang.

Untuk menjadi Duta Genre Kota Magelang terdapat beberapa rangkaian seleksi yang wajib diikuti oleh setiap peserta. Tahapan seleksi yang dilakukan di antaranya yaitu tes public speaking, tes psikologi, tes tertulis, pembekalan materi, tes minat bakat, dan juga tes substansi yang meliputi sosialisasi materi genre dan goes to Paskibraka.

Selain itu, juga terdapat  penilaian sikap seperti perilaku, tutur kata, pola pikir, cara jalan dan duduk, serta cara senyum dan sapa. Hal tersebut dilakukan untuk membentuk karakter setiap peserta agar tampil layaknya seorang duta.

Setelah berhasil menjadi Duta Genre Kota Magelang, Afelova Stevano Jordan merasa bersyukur sekaligus senang karena bisa membawa nama baik sekolah dalam ajang tersebut di mana awalnya ia sempat berfikir bahwa kesempatannya untuk meraih juara 1 sangatlah kecil.

"Sungguh senang sekali bisa membawa nama sekolah dalam ajang Duta Genre ini, apalagi bisa dipercaya oleh seluruh Kota Magelang untuk menjadi Duta Generasi Berencana tahun ini," ungkapnya.

Di balik keberhasilannya tentu terdapat persiapan yang cukup matang untuk menghadapi ajang tersebut. Seperti persiapan fisik dan mental, membekali diri dengan ilmu dan  tidak lupa pula membawa doa restu dari orang tua.

Ia juga mengungkapan harapan ke depannya untuk masyarakat sekitar Kota Magelang agar masyarakat dapat memahami akan pentingnya kesadaran diri dalam bersosialisasi dan memilih bahan pangan.

"Dan harapan untuk saya sendiri semoga ke depannya bisa menginspirasi dan bisa belajar bersama akan pentingnya pengetahuan menjaga kesehatan agar terhindar dari HIV, anemia, stunting dan lain sebagainya," imbuhnya. (adv/yulia&elsa/tim jurnalistik skanida)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smkn 2 magelang