Mulai Sekarang, 98 PKL Jalan Pemuda Wonosobo Dipindah ke Kompleks Taman Habibie-Ainun

Mulai Sekarang, 98 PKL Jalan Pemuda Wonosobo Dipindah ke Kompleks Taman Habibie-Ainun

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat saat meresmikan tempat sebagai pusat perbelanjaan jajanan di sebelah utara Masjid Jami Wonosobo, Senin 24 Juli 2023.-MOHAMMAD MUKAROM-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 98 pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Pemuda dan Jalan Kartini Kabupaten Wonosobo berhasil direlokasi masuk ke komplek Taman Habibie-Ainun.

Mereka kini akan menempati lokasi yang baru tepatnya di sebelah utara Masjid Jami Kabupaten Wonosobo mulai Senin 24 Juli 2023.

Informasi awal, rencananya terdapat 110 PKL yang akan dipindahkan. Namun setelah dikaji ulang, terdapat 12 PKL ditiadakan.

Kini, totalnya sebanyak 98 PKL yang sudah direlokasi dan telah beraktivitas sejak Sabtu, 22 Juli 2023.

BACA JUGA:Sisi Lain Hari Jadi Wonosobo Tahun 2023 Ada Tradisi Unik Pisowanan Agung

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, Nurudin Ardiyanto mengatakan, penyusutan jumlah PKL dilakukan berdasarkan syarat prioritas utama.

"Ketika kita cek lagi ternyata ada pedagang yang punya lebih dari 1 usaha. Sementara, prioritas kami maksimal 1 orang 1 usaha biar kesejahteraan ekonominya merata. Jadi sekarang totalnya 98 PKL direlokasi," kata Nurudin Ardiyanto.

BACA JUGA:Kemeriahan Hari Jadi Wonosobo 2023 Ada Tapa Bisu di Jalan Sepanjang 750 Meter

Penataan PKL tersebut salah satu tujuannya yaitu untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalanan depan kantor Arpusda Wonosobo.

Di samping itu, menurut Nurudin Ardiyanto agar keasrian kota dapat dirasakan masyarakat.

Penggunaan tempat untuk PKL menggunakan sistem sewa yang dikelola langsung oleh pengurus takmir Masjid Jami Wonosobo sebagai pemasukan kas tambahannya.

BACA JUGA:Imbas Penggusuran, PKL Margasari Ngadu ke DPRD

Nurudin Ardiyantojuga mengatakan, sejumlah pedagang akan mendapatkan gerobak baru yang didesain seragam. Saat ini, sedang dalam tahap pengadaan anggaran.

"Tanah yang digunakan PKL sekarang itu eks kantor KUA Wonosobo. Biar indah, selain ditata tempatnya, PKL akan kita seragamkan gerobaknya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres