Memasuki Hari Ketiga, Kamera Hole dan Pompa Air Didatangkan untuk Melakukan Pencarian Korban Penambang Emas

Memasuki Hari Ketiga, Kamera Hole dan Pompa Air Didatangkan untuk Melakukan Pencarian Korban Penambang Emas

Lokasi kompleks tambang emas di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas yang dekat dengan aliran sungai, sehingga sulit melakukan pengurasan air yang memenuhi di sumur-sumur galian.-GOOGLE EARTH-

BANYUMAS, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pencarian para korban penambang emas yang terjebak di dalam sumur kedalaman 70 meter, terus dilakukan hingga memasuki hari ketiga, Jumat, 28 Juli 2023.

Rencananya, evakuasi pada hari ketiga ini, Tim SAR gabungan akan menggunakan mesin sedot air submersible. Pemakaian alat ini dimaksudkan untuk mempercepat proses penyedotan air.

Air yang memenuhi sumur tambang di mana lokasi para penambang tersebut terjebak menjadi kendala utama proses penyelamatan.

Sudah tiga hari, air tersebut disedot tapi belum menunjukkan penurunan debit air secara signifikan.

BACA JUGA:Rela Menyabung Nyawa, Ternyata Segini Bayaran Penambang Emas di Banyumas

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, kali ini tim SAR gabungan dibagi menjadi 5 kelompok untuk menyusuri tiap sumur yang berbeda.

Tim A-1 akan fokus melakukan pencarian di Sumur Bogor, Tim A-2 di Sumur Dondong, Tim A-3 di penyedotan sumur 1, Tim A-4 berlokasi di penyedotan sumur 2, dan Tim A-5 berada di lokasi bendungan sungai.

"(Selain itu juga) menutup titik-titik lokasi yang dicurigai adanya kebocoran menuju lubang galian," ujarnya.

Tidak hanya itu, Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah juga rencananya akan menurunkan kamera hole ke dalam lubang sumur atau galian tambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas.

BACA JUGA:TNI AL Terjunkan Personel Kopaska Bantu Proses Penyelamatan 8 Penambang Emas yang Masih Terjebak di Banyumas

Adanya kamera diharapkan bisa mengetahui titik di mana ke-8 penambang emas terjebak selama 4 hari tersebut.

Penyelamatan terhadap 8 penambang emas di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas mulai memasuki hari keempat, Jumat 28 Juli 2023.

Sejauh ini, proses pengurasan air di dalam lubang belum sepenuhnya tuntas, sehingga proses penyelaman belum bisa dilakukan.

BACA JUGA:Mulai Sedot Air hingga Bendung Saluran di Dalam Lubang, Upaya Regu Penyelamat Evakuasi 8 Penambang di Banyumas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: