Kebakaran di Temanggung Hanguskan 3 Rumah, 2 Rusak Parah

 Kebakaran di Temanggung Hanguskan 3 Rumah, 2 Rusak Parah

PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung dibantu masyarakat memadamkan kebakaran di lingkungan Padangan Temanggung, Senin, 31 Juli 2023 -Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dua rumah di lingkungan Padangan Kelurahan Temanggung 1 Kecamatan Temanggung rusak parah dan satu rumah lainnya rusak ringan, setelah dilalap Si Jago Merah, Senin, 31 Juli 2023.

Informasi yang dihimpun Magelang Ekspres di lokasi kejadian, kebakaran diduga berasal dari api tungku di rumah milik Yosep, yang kemudian merembet ke rumah Fima dan membakar bagian belakang rumah milik Kidiyono.

"Yang parah dua rumah itu, tapi yang paling parah adalah rumah milik Yosep, sedangkan rumah milik Kirdiyono hanya rusak pada bagian belakang saja," jelas Siyamiwati salah satu warga setempat.

BACA JUGA: Tradisi Ruwat Pepunden, Penghormatan kepada Leluhur Dusun Tanggung di Temanggung

Menurutnya, sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB sudah tercium bau asap kebakaran, hanya saja belum bisa dipastikan, karena biasanya memang ada warga yang masih memasak menggunakan tungku kayu bakar.

Kemudian lanjutnya, bau asap kebakaran semakin kuat, dan sekitar pukul 12.20 WIB ada pemberitahuan melalui pengeras suara jika terjadi kebakaran di salah satu rumah milik warga.

"Darurat-darurat....ada kebakaran, dan ternyata yang terbakar adalah rumah milik Yosep," ceritanya.

Kemungkinan ceritanya, api berasal dari tungku yang menggunakan kayu bakar di rumah milik Yosep. Karena di rumah tersebut ada salah satu penghuninya yang sudah lanjut usia sedang beraktivitas di dapur.

BACA JUGA:Bupati Temanggung: Pabrik Rokok Harus Beli Tembakau dengan Harga Pantas, Agar Petani Untung

"Kemungkinan lupa mematikan api, sehingga api membesar dan merembet ke rumah," ceritanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung Totok Nursetyano mengatakan, kebakaran yang terjadi di lingkungan Padangan Kelurahan Temanggung 1 Kecamatan Temanggung tersebut, menyebabkan dua rumah rusak parah dan satu rumah lainnya rusak ringan.

"Kurang lebih ada 10 rumah di kanan kiri titik kebakaran," katanya.

Menurutnya, dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut adalah dari tungku yang menggunakan bahan bakar kayu. Kemudian karena tiupan angin yang cukup kencang api merembet ke bangunan rumah.

Disampaikan, untuk memadamkan kebakaran tersebut, pihaknya menerjunkan sebanyak 7 mobil Damkar dan 20 petugas dari Mako pusat, Pringsurat dan Candiroto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres