Bupati Temanggung: Pabrik Rokok Harus Beli Tembakau dengan Harga Pantas, Agar Petani Untung

Bupati Temanggung: Pabrik Rokok Harus Beli Tembakau dengan Harga Pantas, Agar Petani Untung

RAWAT. Salah satu petani tembakau di Desa Kwadungan Jurang sedang merawat tanaman tembakau di pohonnya, Minggu, 30 Juli 2023.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Menjelang panen raya tembakau 2023, Pemerintah Kabupaten Temanggung meminta semua perwakilan pabrikan rokok kretek untuk membeli tembakau dengan harga pantas, sehingga petani tidak lagi harus menanggung kerugian saat jual hasil panen.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini petani selalu menanggung kerugian yang cukup banyak, karena harga jual tembakau tidak menguntungkan petani.

Khadziq berharap agar pabrik rokok membeli tembakau petani dengan harga pantas sesuai dengan kualitas. Tentu dengan harga tinggi yang bisa menutup biaya produksi dan bisa memberikan margin keuntungan bagi para petani.

"Dalam hal ini, Pemkab Temanggung berharap agar petani bisa untung, para pedagang tembakau untung dan pabrik rokok juga untung," harap Bupati.

BACA JUGA:Bupati Temanggung Janjikan Bonus bagi Atlet Peraih Medali Porprov di Pati, Segini Jumlahnya

Namun demikian lanjut Bupati, petani juga harus konsisten dalam mempertahankan kualitas tembakau asli Temanggung. Karena dengan demikian pabrikan akan mendapatkan tembakau sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menurutnya, jika kualitas tembakau bisa semakin diperbaiki maka kemungkinan besar harga jual tembakau kering akan terus meningkat.

"Harga jual tembakau sangat tergantung dari kualitasnya, jadi ketika kualitas bagus ada kemungkinan harga jualnya juga demikian,” tuturnya.

Ia mengaku, beberapa waktu lalu pihaknya bersama ketua DPRD Temanggung mendampingi Gubernur Jawa Tengah saat kunjungannya ke Temanggung.

BACA JUGA:Wabup Temanggung: Produk UMKM Lokal Harus Bisa Bersaing dengan Luar Daerah

"Gudang  perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung menjamin beli tembakau hasil panen petani Temanggung tahun ini, namun hingga saat ini belum memberikan kepastian kuota pembelian tembakau," katanya, di Temanggung, Jumat, 28 Juli 2023.

Namun, memang berbagai tantangan di bidang tembakau harus dihadapi bersama-sama seperti masalah kenaikan cukai dan sebagainya yang terjadi selama ini. Berdasarkan keterangan petani,  kualitas tembakau hasil panen tahun ini kemungkinan lebih bagus.

Khadziq menuturkan meskipun pihak pabrik rokok belum menyebutkan kuota pembelian tembakau tahun ini, pihaknya yakin seluruh tembakau di Temanggung akan dibeli, karena tembakau Temanggung ini berkualitas tinggi.

"Dengan kualitas tinggi tersebut, saya yakin tembakau Temanggung dibutuhkan oleh pabrik rokok kretek," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres