44 Pendaki Masih Terjebak di Hutan Gunung Sumbing yang Terbakar, Tim Evakuasi Dikerahkan

44 Pendaki Masih Terjebak di Hutan Gunung Sumbing yang Terbakar, Tim Evakuasi Dikerahkan

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan dan Plt Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono telah mengerahkan tim evakuasi menjemput para pendaki yang masih berada di kawasan hutan Gunung Sumbing yang terbakar-TANGKAPAN LAYAR-FACEBOOK

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES — Sebanyak 44 pendaki dikabarkan masih berada di Gunung Sumbing saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Sumbing, Jumat, 1 September 2023.

Tim relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri, TNI dikerahkan untuk melakukan penjemputan terhadap 44 pendaki tersebut.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono mengatakan pihaknya sudah memerintahkan pengelola basecamp di  jalur pendakian Reco Kertek dan basecamp di jalur pendakian Lamuk Kalikajar Wonosobo untuk melakukan pengawasan ekstra terhadap 44 pendaki.

“Kami sudah perintahkan pihak basecamp untuk naik dan menjemput pendaki yang sudah terlanjur naik ke puncak pada saat kebakaran belum terjadi," katanya melalui video singkat laporan sementara tanggap bencana, Jumat, 1 September 2023 malam.

BACA JUGA:WASPADA! Kebakaran Gunung Sumbing Berpotensi Merembet ke Magelang

Hingga pukul 22.00 WIB tim penjemput para pendaki belum kembali ke basecamp. Ada kemungkinan ke-44 pendaki itu menghindari kobaran api.

Bambang Triyono menyebutkan, ke-44 pendaki Gunung Sumbing yang terdata terdiri dari ke 37 berasal dari titik basecamp Reco Kertek, dan 7 pendaki lainnya naik melalui basecamp Lamuk Kalikajar Wonosobo.

"Pendaki tersebut diketahui berangkat dari Reco dan Lamuk. Sedangkan untuk basecamp Banyumudal Sapuran, sendiri nihil," ungkapnya.

BACA JUGA:Kebakaran Gunung Sumbing Malam Ini Muncul Lidah Api, Perhutani Tutup Total Jalur Pendakian

Bambang Triyono menyampaikan, laporan yang diterima sejauh ini, belum ada informasi soal pendaki yang terjebak.

Kebakaran yang melanda hutan Gunung Sumbing sejak pukul 17.30 WIB petang diketahui berada di titik koordinat 110.06359 - 7.3936 berada di ketinggian sekitar 2.900 meter dari permukaan laut.

Sementara itu, Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan mengatakan, peristiwa kebakaran hutan di Gunung Sumbing ini mendapatkan perhatian khusus dari Polda Jawa Tengah.

BACA JUGA:2.174,51 Hektar Berpotensi Karhutla, Wabup Wonosobo Minta Kesiagaan Petugas

Satuan Sat Brimob Polda Jateng pun dikerahkan untuk terlibat aksi tanggap bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres