Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Efek Telat Ganti Oli Motor

Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Efek Telat Ganti Oli Motor

Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Efek Telat Ganti Oli Motor-mpmhondajatim-

MAGELANG EKSPRES - Mengganti oli secara teratur termasuk salah satu aspek terpenting dalam perawatan sepeda motor. Hal ini perlu di lakukan agar mesin terlindungi dan performa mesin terjaga dalam kondisi prima.

Oli motor memiliki beberapa fungsi penting untuk mesin kendaraan. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai pelumas. Oli motor mengurangi gesekan antara komponen mesin yang bergerak seperti piston, poros engkol, dan berbagai bantalan.

Dengan mengurangi gesekan ini, oli motor membantu menghindari keausan berlebihan dan kerusakan pada komponen mesin, sehingga memperpanjang umur mesin.

Selain itu, oli motor juga berperan dalam proses pendinginan mesin. Ketika mesin bekerja, suhu di dalamnya meningkat. 

Telat ganti oli motor tentu saja dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi mesin motor. Lalu apa saja efeknya? Simak penjelasan dari AHM.

BACA JUGA: 7 Cara Mencuci Motor Sendiri Yang Benar Di Rumah, Dijamin Bersih Dan Bikin Kinclong

Dampak buruk yang dapat terjadi pada mesin motor akibat telat mengganti oli :

1. Kinerja Mesin Menurun

Oli yang sudah waktunya diganti dan tidak segera diganti menyebabkan oli terkontaminasi yang menyebabkan oli tidak mampu berfungsi sebagai pelumas dengan maksimal. 

Hal ini dapat mengakibatkan gesekan di antara komponen mesin menjadi meningkat, menyebabkan terjadinya penurunan kinerja mesin.

Jika sudah terjadi seperti ini, Anda akan merasakan penurunan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin.

BACA JUGA: Honda Meluncurkan Motor Matik Dengan Harga Murah Tapi Nggk Murahan

2. Overheat

Oli motor mengambil panas dari bagian-bagian mesin yang panas dan membawanya ke filter oli dan radiator oli untuk didinginkan. Ini membantu menjaga suhu mesin tetap dalam batas yang aman dan mencegah overheat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ahm