Operasi Zebra Candi Tahun 2023, Polres Purworejo: Bangun Kesadaran Berlalulintas

Operasi Zebra Candi Tahun 2023, Polres Purworejo: Bangun Kesadaran Berlalulintas

PASANG. Waka Polres Purworejo memasang tanda sandi kepada sejumlah personel dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi Tahun 2022 di Mapolres Purworejo.-EKO SUTOPO-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANG EKSPRES- Pelaksanaan Operasi Zebra Candi Tahun 2023 tidak hanya berorientasi pada penegakkan hukum lalu lintas semata. Akan tetapi, pelaksanaan sejumlah kegiatan diarahkan lebih pada pola edukatif dan persuasif berupa tindakan simpatik humanis untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Hal itu disampaikan Waka Polres Purworejo, Kompol Aldino Agus Anggoro SE SIK, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi Tahun 2023 di halaman Mapolres Purworejo, Senin 4 September.

Pelaksanaan Operasi Zebra Candi Tahun 2023 ditandai dengan  penyematan pita tanda Operasi dan dijadwalkan berlangsung selama 14 hari atau hingga 17 September 2023 mendatang.

BACA JUGA:Sambut Haornas, Ribuan Warga Purworejo Kompak Gowes

Di hadapan peserta Apel, Waka Polres mengarahkan agar personel bertugas secara professional, bermoral dan humanis, serta menghindari polarisasi di masyarakat menjelang tahun politik.

“Optimalkan edukasi dan Binluh (bimbingan dan penyuluhan) dalam membangun kesadaran berlalu lintas dan laksanakan penegakan hukum dengan menggunakan ETLE dan secara stasioner guna wujudkan Kamseltibcarlantas,” tegasnya.

Diungkapkan, ada sebanyak 48 personel Polres Purworejo yang terlibat operasi dengan sandi Zebra Candi 2023 ini.

“Apel gelar pasukan bertujuan untuk mengetahu kesiapsiagaan personel dan sarana pendukung sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Sesuai amanat Kapolda Jateng, Operasi Zebra tahun 2023 mempunyai sasaran meliputi bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengganggu Kamseltibcarlantas.

BACA JUGA:Target Operasi Zebra Candi 2023 Polresta Magelang: Turunkan Angka Kecelakaan

Beberapa di antaranya yakni menggunakan ponsel berkendara, berkendara di bawah umur, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan safety belt, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

“Dengan adanya operasi zebra candi 2023 diharapkan Masyarakat dapat lebih tertib dalam berlalu lintas dapat menekan angka pelanggaran dan Lakalantas serta dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat berlalu lintas,” tegasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres