BP Jamsostek Magelang Kampanye KKBC di Empat Kecamatan

BP Jamsostek Magelang Kampanye KKBC di Empat Kecamatan

Kampanye KKBC Masuk Desa BP Jamsostek Magelang-Dok. BP Jamsostek Magelang-

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) memiliki tagline baru untuk sosialisasi kepada peserta BPJamsostek yang mengusung tema “Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) Masuk Desa”, yang mana untuk menyasar para pekerja di sektor informal terutama sektor tenaga kerja dalam kategori pekerja rentan yang ada di lingkungan desa.

Sejak di launching pada bulan Juli kemarin, BP Jamsostek Magelang telah menyambangi 4 Desa di 4 Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, yang mana setiap desa memiliki demografi wilayah serta pekerja yang berbeda, antara lain di Desa Sangen, Salam, Mranggen dan Kalinegoro.

BACA JUGA:BPJAMSOSTEK Berikan Perlindungan Pekerja Hingga Puncak Gunung Telomoyo

Kepala BP Jamsostek Magelang, Budi Pramono mengatakan, dengan adanya kegiatan KKBC masuk desa ini, diharapkan para pekerja yang berada di wilayah desa dapat lebih awareness dan paham akan manfaat dan pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

“Ekosistem desa memiliki sebaran dan demografi pekerja yang cukup beragam. Akan tetapi, setiap desa pasti memiliki sub pekerjaan mayoritas seperti di daerah Salam dan Muntilan yang kebanyakan adalah pengrajin batu alam, di daerah kaki gunung mereka mayoritas adalah petani dan pekebun dan lain sebagainya”, imbuh Budi.

Dengan iuran yang cukup murah hanya Rp 16.800, pekerja sudah terlindungi selama satu bulan full dengan 2 program jaminan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), yang mana perlindungan tersebut akan berlaku 24 jam dengan ketentuan lingkup kerja sesuai pekerjaan.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Untidar Magelang Bakal Dapat Jaminan Dari BPJamsostek

Budi menegaskan, untuk manfaat jaminan kecelakaan kerja meliputi pekerja tersebut berangkat kerja, dilokasi kerja, serta pulang kerja, bahkan pada saat pekerja (petani) melakukan perjalanan keluar wilayah dalam rangka pekerjaan seperti pembelian pupuk atau menjual hasil bumi, jika terjadi risiko kecelakaan kerja akan tetap dicover.

Selain iuran murah, Budi menambahkan bahwa untuk pendaftaran kepesertaan Jamsostek sektor Bukan Penerima Upah (BPU) atau Informal, cukup mudah hanya dengan e-KTP dan memiliki pekerjaan, maka akan langsung dapat menjadi peserta BPJamsostek dan perlindungan akan berlaku begitu membayarkan iuran pertama. (mg3/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bp jamsostek magelang