SMK Bhumi Phala Bantu Air Bersih Atasi Krisis Air di Temanggung

SMK Bhumi Phala Bantu Air Bersih Atasi Krisis Air di Temanggung

Siswa SMK Bhumi Phala Parakan bersama BPBD Temanggung sedang mendistribusikan air bersih di Dusub Mbalong Desa Bansari Kecamatan Bulu Rabu 27 September 2023-SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES -- Krisis air bersih yang terjadi di 23 Desa yang ada di Kabupaten TEMANGGUNG pada musim kemarau 2023 ini, membuat siswa SMK Bhumi Phala (Mipha) Parakan terketuk hatinya untuk membantu. Mereka menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Mbalong Desa Bansari Kecamatan Bulu Rabu 27 September 2023.

Arlinda salah satu siswa SMK Bhumi Phala (MIPHA) Parakan menuturkan, musim kemarau yang terjadi saat ini ada sisi positif dan negatifnya bagi masyarakat Temanggung, sisi positifnya bagi petani tembakau panen menjadi lebih baik. 

Sedangkan sisi negatifnya lanjut Arlinda, puluhan Desa di Kabupaten Temanggung mengalami kekurangan air bersih, apalagi masyarakat yang ada di wilayah pegunungan. 

Sehingga tuturnya, dirinya bersama siswa dan guru di SMK MIPHA Parakan menyisihkan sebagian rejeki untuk membeli air bersih dan dibagikan kepada masyarakat yang saat ini sedang mengalami kekurangan air bersih. 

"Air bersih yang kami bagikan bersama BPBD Temanggung ini, hasil dari patungan siswa dan guru di SMK MIPHA Parakan,"tuturnya. 

BACA JUGA:Polisi Temanggung Gagal Peredaran 8.000 Pil Y

Ia berharap, bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat di Dusun Mbalong Desa Bansari Kecamatan Bulu.

Salah satu perangkat Desa setempat Ngadiyah mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan air bersih ini, bantuan ini setidaknya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. 

Dengan bantuan ini lanjut Ngadiyah, bisa mencukupi kebutuhan air bersih dalam waktu tiga sampai lima hari kedepan, sebab jika tidak ada bantuan seperti ini biasanya masyarakat akan mencari air bersih di Desa sebelah yang jaraknya ebih dari satu kilometer. 

"Ini sangat membantu, harapan kami bantuan seperti ini bisa diberikan rutin, minimal satu minggu sekali,"harapnya. 

BACA JUGA:Komisi C DPRD Temanggung Tinjau Gudang Tembakau

Hedy Susanto salah satu guru di SMK MIPHA manambahkan, penyaluran bantuan air bersih ini merupakan salah satu bentuk kepedulian siswa terhadap masyarakat, musim kemarau saat ini setidaknya sudah menyebabkan sebagian mayarakat di Temanggung mengalami kekurangan air bersih.

Oleh karena itu lanjutnya, pihaknya berusaha mengetuk hati para siswa untuk ikut berperan dan penyaluran bantaun air bersih, salah satunya para siswa juga ikut membantu dalam pengadaan air bersih. 

"Siswa juga kami ajak terjun langsung membantu penyaluran air bersih, dengan seperti ini setidaknya bisa menguggah hati nurani siswa dan kepedulian siswa terhadap masyarakat,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres