Semarak Kirab Budaya 102 Klenteng se-Jawa di Magelang

Semarak Kirab Budaya 102 Klenteng se-Jawa di Magelang

Ribuan masyarakat Magelang memadati kawasan Alun-Alun Kota Magelang untuk menyaksikan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi (Jutbio) yang diselenggarakan oleh umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang pada Minggu, 1 Oktober 2023-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Ribuan masyarakat Magelang memadati kawasan Alun-Alun Kota Magelang untuk menyaksikan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi (Jutbio) yang diselenggarakan oleh umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang pada Minggu, 1 Oktober 2023 siang.

Kirab yang diikuti 5000 umat dari 102 klenteng se-Jawa tersebut digelar dalam rangka ruwat bumi untuk mengusir dan membersihkan segala bencana di seluruh penjuru kota.

Mereka berjalan berkeliling dengan membawa tandu berisi patung Kim Sien atau dewa-dewi melewati rute dari Klenteng Liong Hok Bio Magelang dan kembali finish di klenteng sejauh enam kilometer.

"Kita mau ruwat bumi supaya hujan turun pada musimnya, panen melimpah dan semua yang disemogakan ini menjadi kenyataan. Saya menghimbau kepada anggota yang ikut kirab kita harus jaga kota sendiri. harus bersih," ujar Pembina TITD Liong Hok Bio Magelang, David Herman Jaya di sela kirab. 

BACA JUGA:CATAT! Hari Ini Kirab Budaya dan JutBio Magelang 1 Oktober Arus Lalu Lintas Dialihkan

Lebih lanjut, pada pelaksanaan kirab yang dimulai pukul 10.45 WIB tersebut, ia juga turut mendoakan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang dapat berjalan lancar dan aman tanpa adanya hambatan yang berarti.

"Semoga nanti pemilu juga lancar, baik dan aman tidak ada yang dipermasalahkan," tandasnya.

BACA JUGA:Beri Apresiasi Wajib Pajak yang Tertib di Kota Magelang Siap-siap Bakal Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

Hal itu juga diamini oleh Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz pada saat pembukaan kirab budaya dan ruwat bumi (jutbio).

"Ini sebuah anugerah bagi Kota Magelang sehingga Kota Magelang jadi penuh. Mudah-mudahan kita bisa melayani dengan baik. Sekali lagi Kota Magelang ini kecil, dan ini anugerah  terlebih pada beberapa bulan ini kita dapat event-event yang tingkatnya Jawa Tengah bahkan hingga se-Jawa sehingga banyak orang datang ke Kota Magelang," ujarnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres