CATAT! Hari Ini Kirab Budaya dan JutBio Magelang 1 Oktober Arus Lalu Lintas Dialihkan

CATAT! Hari Ini Kirab Budaya dan JutBio Magelang 1 Oktober Arus Lalu Lintas Dialihkan

Ada acara di Kelentent Liong Hok Bio dan Alun-alun ini info sterilisasi dan penutupan jalan hari ini.-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota bakal melakukan rekayasa arus lalu lintas pada perayaan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi (JutBio) 2023 yang akan digelar pada Minggu, 1 Oktober 2023 besok.

Rangkaian acara Kirab Budaya dan Jutbio 2023 akan menempuh jarak 5 kilometer melewati rute dari Klenteng Liong Hok Bio Magelang-Jl. Alun-Alun Selatan-Jl. Tentara Pelajar-Jl. Yos Sudarso-Jl. Veteran-Jl. A. Yani-Jl. Pemuda-Jl. Tidar-Jl. Tentara Pelajar-Jl. Pajajaran-Jl. Jenggolo-Jl. Pajang-Jl. Tentara Pelajar-Jl. Alun-Alun Utara-Jl. A. Yani dan kembali finish di TITD Liong Hok Bio.

Kabag Ops Polres Magelang Kota, AKP Rinto Sutopo mengatakan, sejumlah ruas jalan akan ditutup sementara pada Minggu, 1 Oktober 2023 dimulai pukul 10.00 WIB.

"Pengalihan arus kami rencanakan yang dari Semarang adalah di simpang CPM, tapi tentunya di simpang Kebon Polo kami saring, yang kendaraannya besar kami arahkan ke arah Cangguk. Kendaraan kecil selektif masih bisa sebagaian masuk ke kota," ujarnya.

BACA JUGA:Beri Apresiasi Wajib Pajak yang Tertib di Kota Magelang Siap-siap Bakal Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

Selanjutnya, arah lalu lintas dari arah Semarang menuju ke Jogjakarta yang melintasi Kota Magelang dialihkan melalui Simpang Kebon Polo belok ke kiri melalui Cangguk hingga Simpang Artos.

Kemudian, kendaraan dari arah selatan menuju ke Semarang juga dialihkan melalui simpang Artos belok ke kanan melalui Cangguk dan Kebon Polo lalu ke kanan. 

"Yang dari bawah arah Purworejo dan Salaman juga kami harapkan nanti di simpang Pakelan belok ke kanan. Yang ada keperluan di tengah kota nanti akan ada jalan alternatif," lanjutnya.

Selain adanya rekayasa arus lalu lintas, kepolisian juga akan menerjunkan sebanyak 165 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan juga Dinas Perhubungan.

BACA JUGA:INFO HIBURAN LUR! Festival Jutbio TITD Liong Hok Bio Magelang 1 Oktober 2023

"Kami tempatkan personel untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di tujuh titik pengamanan. Dari internal klenteng sendiri juga akan meminta bantuan 100 Banser," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan TITD Liong Hok Bio Magelang, Paul Chandra Wesi Aji mengatakan, sebanyak 5000 umat Tri Dharma dari 102 klenteng akan memeriahkan Ruwat Bumi (JutBio) dengan berkeliling membawa tandu berisi patung Kim Sien atau dewa-dewi.

"Tidak semua, yang ikut kirab 81 klenteng. Sisanya bakal membawa rupang. Rata-rata 50-100 orang," ujarnya.

BACA JUGA:Sumringah, 137 PNS Kota Magelang Terima SK Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2023

Selain itu, untuk meramaikan perhelatan tersebut, lanjut Paul, pihaknya juga menghadirkan 180 tenant UMKM di Alun-Alun Kota Magelang sejak 28 September hingga pelaksanaan kirab pada 1 Oktober 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres