Melukis On The Spot, Cara Perupa Kota Magelang Ikut Meriahkan Jutbio 2023

Melukis On The Spot, Cara Perupa Kota Magelang Ikut Meriahkan Jutbio 2023

Sejumlah perupa Kota Magelang tepat di depan Klenteng Liong Hok Bio untuk melukis On The Spot (OTS)-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Kirab Budaya dan Ruwat Bumi (Jutbio) 2023 di Kota Magelang sukses menyedot antusiasme ribuan masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Ada lebih dari 5.000 umat Tri Dharma dari 102 klenteng se-Jawa datang memeriahkan acara tersebut. 

Selain itu, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang juga menghadirkan sejumlah kesenian lokal Magelang serta liong naga sepanjang 120 meter untuk ikut memeriahkan acara.

Tak sampai disitu, sejumlah perupa Kota Magelang juga punya cara sendiri untuk ikut memeriahkan Jutbio 2023.

Mereka berkumpul di Tugu Aniem atau Tugu jam yang berada tepat di depan Klenteng Liong Hok Bio untuk melukis On The Spot (OTS).

"Ada 10 perupa dari berbagai usia yang turut serta meramaikan perayaan Jut Bio 2023 kali ini," ujar Ketua Dewan Kesenian Kota Magelang, Muhammad Nafi.

BACA JUGA:Lantik Pengurus Baru, Walikota Magelang Minta HIPMI Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

Nafi menyebut, selain untuk turut meramaikan perayaan Jut Bio, kegiatan melukis OTS ini juga dimaksudkan sebagai kesempatan untuk unjuk karya para perupa yang ada di Kota Magelang.

"Kami turut berbahagia atas event Jut Bio ini, dan kami berharap kegiatan OTS ini bisa dinkmati oleh banyak orang, baik warga yang melihat kirab maupun peserta yang berasal dari berbagai daerah," lanjutnya.

Disamping itu, menurut Nafi, kegiatan OTS juga merupakan dokumentasi kegiatan melalui sebuah lukisan.

BACA JUGA:Gegara SE Dadakan Diknas, Wali Murid di Magelang Ramai-ramai Serbu Toko Batik, Ada Apa?

Dimana para perupa juga bisa saling berinteraksi baik antar perupa maupun dengan masyarakat luas. 

"Semoga bisa dilakukan rutin. Dengan harapan, karya teman-teman perupa bisa dibeli atau dikoleksi oleh kolektor yang berminat. Beberapa sudah ada yang minat dan sedang dikomunikasikan," tandasnya.

Aksi melukis OTS pada Minggu, 1 Oktober itu sontak menjadi daya tarik warga masyarakat maupun peserta kirab yang datang di hari tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres